Sabigaju.com – Hari ini Selasa 10 November 2020 diperingati sebagai Hari Pahlawan. Penetapan itu dituangkan dalam Keputusan Presiden (Keppres) No. 316 Tahun 1959 tentang Hari-hari Nasional yang ditandatangani oleh presiden pertama Indonesia, Ir. Sukarno.

Di balik itu ada perstiwa heroik dimana Tanggal 10 November 1945 terjadi sebuah peristiwa penting dan bersejarah bagi kemerdekaan Inonesia.

Pada 10 November 1945, terjadi sebuah pertempuran besar antara rakyat yang bersama para pejuang melawan tentara Netherlands-Indies Civil Administration (NICA) dan Sekutu di Surabaya.

Pertempuran berlangsung selama sekitar tiga pekan. Masyarakat Surabaya menghadapi pasukan lawan yang berkekuatan sekitar 15 ribu personel. Ribuan orang dari pihak Indonesia gugur dalam pertempuran tersebut.

BACA JUGA: Jadilah Pahlawan untuk Masa Depanmu 

Menjadi Pahlawan  Itu Proses Bukan Dadakan

Menjadi pahlawan tidak hanya nama-nama besar yang tercatat dengan tinta emas dalam buku sejarah.

Pahlawan juga bukanlah sosok yang diundang ke istana negara untuk menerima anugerah bintang mahaputera atau apapun namanya.

Pahlawan juga bukan hanya tokoh-tokoh yang namanya diabadikan sebagai nama jalan, nama bandara, nama universitas, nama rumah sakit, dan nama berbagai tempat lainnya, sebagai penghormatan atas jasa-jasanya.

Untuk menjadi pahlawan nasional maupun pahlawan kemanusiaan tidak mudah,. Hal butuh waktu dan proses panjang.

Sebednarnyaa banyak orang bisa menjadi pahlawan sebab dalam diri manusia punya nilai-nilai berikut dalam dirinya.  Masalahnya  kamu sanggup nggak?  Cek dulu yuk:

BACA JUGA: Hari Pahlawan: Negeri Ini Butuh Sosok Pahlawan Kekinian 

1. Asah Empati

Jangan selalu melihat ke atas. Sering-seringlah bahkan lebih banyaklah melihat ke bawah dan keadaan orang-orang yang ada di sekitar kamu.

Sesekali sapalah mereka. Dari situ akan tumbuh rasa empati yang pada gilirannya memunculkan kesadaran baru untuk melakukan sesuatu.

2. Peduli pada Orang lain

Mengutamakan kepentingan orang lain di atas kepentingan pribadi merupakan salah satu sikap yang mencerminkan kepahlawanan.

Untuk bisa peduli pada orang lain caranya sangat mudah, Anda tinggal berusaha membahagiakan orang lain dan membantunya menyelesaikan masalah yang tengah dihadapi.

Menjadi pahlawn itu harus memiliki semangat  menghargai dan tidak memandang remeh orang lain maupun merendahkan.

Sebuah sikap yang jaran dimiliki di zaman sekarang dan sungguh berat untuk dilakukan

3. Berkorban

Bukan hanya kepentingan orang lain yang diutamakan, Anda pun harus mengorbankan waktu dan harta Anda untuk orang lain

Jika berkorban demi orang termasuk sikap seorang pahlawan, bagaimana cara menumbuhkan jiwa rela berkorban ini.

4. Jujur dan Tulus

Seorang  yang memiliki jiwa Hero tidak mengenal pamrih atas apa yang telah dia berikan.

Sikap tanpa pamrih bisa dilatih, misalnya dengan menutup mata terhadap kebaikan yang telah Kamu lakukan dan tidak mengumbar kebaikan secara berlebihan.

Jangan malu untuk mengakui kesalahan diri sendiri karena seorang pahlawan tak luput dari kesalahan.

BACA JUGA: Waspada Yuk Dampak Buruk Sosok Superhero Terhadap Anak

5. Berani Berbicara dan Beraksi

Ketika kamu melihat tindakan atau perkataan yang elenceng dari norma-norma, beranikanlah untuk bersuara dan menegur.

Meski berat, hal ini sangat penting untuk dilakukan demi kebaikan banyak orang. Karena sesuatu yang dipendam dan dikeluhkan di belakang tidak baik untuk perkembangan diri dan lingkungan.

Kamu harus beraksi mengaplikasikan teori ketika kamu mengalami masalah dan hambatan,  Berat kan bila ingin menjadi sosok hero?  Itulah mengapa kita perlu Mengenang dan menghormati jasa pahlawan.  (Sbg/Rig)

Comments