Sabigaju.com – Kawasan Indonesia bagian timur memiliki begitu banyak tempat wisata yang memiliki beragam pesona. Terlebih bagi kamu yang suka banget berlibur ke pantai.

Nah, kali ini kita akan membahas salah satu obyek wisata Pantai yang berada di Pulau Ora Maluku yang mesti masuk dalam daftar pantai yang harus kamu kunjungi lantaran keindahan dan pesonanya tak kalah dengan Maldives ataupun Bora Bora.

Pantai Ora masuk Terletak di Pulau Seram. Pantai ini masuk ke dalam wilayah Taman Nasional Manusela yang berada di dua desa, yaitu Desa Sawai dan Saleman, Kecamatan Seram Utara, Maluku Tengah, Provinsi Maluku.

Suasana Surga Di Pulau  Ora

Pantai Ora persis berada di bagian utara tengah Pulau Seram, tepatnya di cerukan Pulau Seram di area Teluk Sawai. Perbukitan Taman Nasional Manusela menjadi latar belakang cottage cottage kayu yang dibangun di atas air laut, membuat pemandangan disini semakin spektakuler.

Di area dermaga setelah kumpulan koral terdapat hamparan pasir putih di dasar laut di pantai dan sangat jernih hingga saat ada perahu melintas kita dapat melihat bayangannya di dasar, dipadu perbedaan warna laut dari biru hingga turoquise bening.

Saat menapakkan kaki di dermaga di pulau Ora Beach adalah betapa banyaknya koral yang berwarna warni di area perairan, sedemikian dekat dengan garis pantai.

Yang menarik, air tawar dari perbukitan mengalir dan bersatu dengan air laut Saat snorkeling pun langsung terasa aliran air hangat yang berganti dingin terus menerus, thermocline yang menyebabkan sebagian air di Ora terlihat buram seperti air gula di gelas, dan sebagian bening, interesting!

Dikelilingi panorama laut dan pegunungan membuat suasana pantai di Pulau Ora bak surga dunia. Resor terapung ini cocok banget buat para pasangan yang ingin honeymoon. Harga sewanya mulai dari Rp1 jutaan.

Rute Perjalanan Menuju Pulau Ora

Untuk tiba dan menyaksikan keindahan luar biasa di Pulau Ora kamu bisa terbang dari Jakarta menuju Bandara Pattimura Ambon, kurang lebih 4 jam. Usahakan terbang malam, biar kamu bisa istirahat alias tidur.

Dari Bandara Pattimura Ambon kamu bakal meneruskan perjalanan darat sekitar 1 jam  menuju Pelabuhan Tulehu Ambon. Kamu bisa langsung sewa mobil lebih praktis dibandingkan naik angkutan umum.

View this post on Instagram

Selamat Malam dari Indonesia bagian Timur.. Karena ada beberapa pertanyaan bagaimana akses untuk sampai di Pantai Ora, dan kali ini akan saya bagikan pengalaman saya untuk sampai di Pantai Ora yang terletak di Kecamatan Seram Utara, tepatnya di Maluku Tengah. Yang saya tahu saat ini ada tiga cara untuk dapat sampai di Pantai Ora. Pertama; dari Kota Ambon anda bisa menyewa kendaraan, lalu memulai perjalanan menuju Pelabuhan Hanimua atau masyarakat biasa menyebutnya Pelabuhan Liang, kemudian naik kapal menuju Pelabuhan Waipirit (Pulau Seram), jadwal kapal di pelabuhan ini mulai dari pukul 08:00 s/d 21:00 dan beroperasi setiap hari. Setelah sampai di Pelabuhan Waipirit, lalu melanjutkan perjalanan ke arah utara Pulau Seram yakni Desa Saleman dengan menempuh jarak sekitar 180 km, oh ya! Desa Saleman merupakan desa dimana Pantai Ora berada, dengan hanya menyebrang menggunakan kapal kecil dari Desa Saleman kita sudah dapat sampai di Pantai Ora. Cara Kedua; dari kota Ambon menuju Pelabuhan Tulehu, sesampainya di Pelabuhan Tulehu naik kapal dengan tujuan Pelabuhan Masohi, di pelabuhan ini kapal hanya beroperasi sekali dalam sehari, setelah sampai di Pelabuhan Masohi kemudian melanjutkan perjalanan menuju Desa Saleman. Dan cara terakhir, ini cara termudah untuk sampai di Pantai Ora, yaitu dengan menghubungi pihak pengelola resort untuk menjemput di Bandar Udara Pattimura Ambon, karena biasanya paket tour ke Pantai Ora sudah termasuk antar jemput dari bandara. Terimakasih @yanuarrainsyah, fotonya keren!

A post shared by Handri Sanjaya (@_handrijay) on

Dari Pelabuhan Tulehu kamu akan naik kapal cepat yang memakan waktu 2.5 jam menuju Pelabuhan Amahai di Kota Masohi Pulau Seram.

Tiba di Pelabuhan Amahai, perjalanan diteruskan dengan jalan darat  selama 2.5 jam dari menuju Desa Sawai di Teluk Sawai. Dari teluk Sawai  kamu akan naik speed boat menuju Pulau Ora dengan jark tempuh kurang lebih 15 menit. Perjalanan panjangmu ke Pulau Ora bakal terbayar dengan keindahan pantai di pulau tersebut. (Sbg/Rig)

Comments