Walau sudah berlalu 20 thun lebih, Kematian Kurt Cobain masih menimbulkan tanda tanya besar. Terlebih banyak para fans Nirvana yang tak percaya ia melakukan bunuh diri

Sabigaju.com – Walau sudah berlalu lebih dari 20 tahun, kematian Kurt Cobain  masih tetap menjadi misteri. Terlebih banyak fans yang tidak percaya jika dirinya bunuh diri.

Jasad Cobain ditemukan di rumahnya di Seattle, Amerika Serikat (AS), pada 8 April 1994 atau tiga hari setelah dia menembak sendiri kepalanya dengan sebuah senapan.

Hasil penyelidikan yang dilakukan kepolisian Seattle atas kematian Kurt Cobain mengemukakan bahwa Kurt bunuh diri. Namun masih ada sejumlah skenario yang membuat fans Nirvana yakin bahwa pria kelahiran 20 Februari 1967 itu tewas akibat dibunuh.

Dilansir dari berbagai sumber yang Sabigaju rangkum, berikut empat teori konspirasi seputar kematian Kurt yang terus berkembang hingga sekarang. Anda percaya?

1. Keraguan Terhadap Surat Wasiat Saat Kematian Kurt Cobain

Salah satu teori yang paling diyakini para pencinta teori konspirasi dari  kematian Kurt Cobain adalah perihal keaslian surat wasiatnya. Sejumlah orang mengira surat wasiat Cobain itu aslinya berisikan pesan, “Saya meninggalkan surat untukmu” kepada istrinya, Courtney Love. Sejumlah baris di surat itu diduga tidak sesuai tulisan tangannya.

Sebelum peristiwa bunuh diri itu terjadi, hubungan Kurt—Courtney sedang tidak baik. Kurt dikabarkan bertengkar hebat dengan Courtney. Tidak hanya itu, Cobain bahkan sedang dalam rencana menggugat cerai Courtney.

Pada akhir surat itu, Cobain menulis, “Frances dan Courtney, saya akan menjadi perubahan kalian. Tolong, Courtney, tetaplah hidup, untuk Frances. Untuk hidupnya yang akan lebih bahagia tanpa saya.” Bagian yang merujuk pada putri semata wayangnya itu, Frances Bean Cobain, bisa diartikan sebagai surat pamitannya.

2. Courtney Love menyuruh orang membunuh Kurt Cobain

Karena keduanya memiliki hubungan yang sangat buruk, banyak yang percaya bahwa Courtney Love disebut-sebut sebagai pelakunya yang melakukan balas dendam kepada Cobain yang sebelumnya mengungkapkan rencana perceraian.

Courtney yang juga adalah vokalis band Hole itu disinyalir menyewa seseorang untuk membunuh suaminya. Film Dokumenter berjudul Kurt & Courtney mengeksplorasi teori ini. Eldon Hoke, yang juga dikenal sebagai El Duce, mengklaim Courtney menawarinya uang sebesar USD50.000 untuk melenyapan nyawa vokalis Nirvana itu.

“Ya, dia menawari saya 50.000 untuk melenyapkan Kurt,” ujar dia di film itu. Dua hari setelah diwawancara, El Duce tewas setelah ditabrak kereta. Kematiannya dinyatakan oleh pihak berwajib sebagai akibat kecelakaan.

Lantas apa lagi teori konspirasi seputar kematian vokalis Nirvana, Kurt Cobain? Simak selengkapnya di bagian kedua lanjutan tulisan ini. (Sbg/Rig)

Comments