Lagu Religi
Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mempertebal keimanan saat menjalankan ibadah Puasa di Bulan Ramadan adalah mendengarkan musik ataupun lagu religi.(Sumber Gambar: Souriali.net)

Sabigaju.com – Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mempertebal keimanan saat menjalankan ibadah Puasa di Bulan Ramadhan seperti, mendirikan shalat malam, menjalankan ibadah sunah, membaca kitab suci, hingga mendengarkan musik dan lagu religi.

Yup di Bulan Ramadhan 2019 atau 1440 Hijriah nuansanya makin terasa berkat kumandang lagu-lagu religi yang diputar di berbagai tempat ataupun pusat keramaian.

Lagu religi sendiri termasuk salah satu karya yang bisa melebur dalam berbagai genre lain. Karenanya para musisi di Tanah Air memiliki cara mereka tersendiri untuk menyampaikan pesan dalam lagu religi.

Satu hal yang unik adalah Lagu religi kembali dicintai generasi muda di tanah Air. Salah satunya berkat peran Sabyan Gambus. Grup musik yang mengangkat lagu-lagu sholawat dan Islami ini mengemas lagu religi dengan balutan pop culture, sehingga berhasil melebarkan pasarnya di kalangan masa kini.

BACA JUGA: Mau Dapat THR Puluhan Juta dari Inul Daratista dan Hedi Yunus, Merapat! 

Manfaat Besar Mendengarkan Lagu Religi

Selain bisa mempertebal iman, mendengarkan musik atau religi ternyata berhubungan dengan penurunan kecemasan tentang kematian dan peningkatan kepuasan hidup, harga diri, serta rasa kontrol atas kehidupan mereka.

Pernyataan ini didukung oleh hasil penelitian yang ditulis oleh Matt Bradshaw, Ph.D. dan timnya, dari Baylor University dan timnya

Hasil penelitian Matt menemukan kenyataan bahwa kehidupan formal beragama seorang individu akan mengalami peningkatan setelah mendengarkan musik religi. Tak hanya itu, kondisi kesehatan dan mental mereka juga dilaporkan membaik.

BACA JUGA: Nissa Sabyan, Gadis Imut yang Menyentuh Hati Penggemar lewat Salawat 

Lagu dan musik religi dapat pula dijadikan sebagai sarana dakwah. Dalam berbagai agama, pastilah ada saja orang-orang yang berperan penting dalam menciptakan lagu rohani. Lagu tersebut berisi doa, nasihat spiritual, atau pujian pada Tuhan.

Itulah sebabnya mendengarkan musik religi juga kerap dimanfaatkan oleh sebagian besar individu untuk mempertebal keimanan dan mendekatkan diri pada Tuhan.

Makin Canggih Namun Menghilang Usai Ramadhan

Nah, kamu bisa memanfaatkan berbagai pilihan musik religi yang bisa diakses dengan mudah untuk menyambut momen Ramadan

Sebab  musik ataupun lagu religi bisa dinikmati secara streaming yang memudahkanmu mendengarkan musik favorit di manapun.

BACA JUGA: Syahdu dan Penuh Makna, Lantunan Ramadhankan Hatiku

Tak hanya itu, smartphoner, notebook, hingga tablet bisa digunakan untuk mendengarkan musik religi favoritmu.

Sayangnya pada bulan-bulan lainnya di luar Ramadan, keberadaan musik religi seakan lenyap. Perubahan itu bisa terlihat lewat berbagai lagu yang diputarkan berorientasi pada genre diluar musik Islami. (Sbg/Rig)

Comments