Makanan yang sama
(Foto: Pexels)

Sabigaju.com – Ada banyak orang yang terbiasa memilih menu makanan yang sama setiap hari lantaran alasan menganggapnya sebagai makanan favorit

Meskipun mengonsumsi makanan yang sama sekilas tampaknya enak, tetapi jika dikonsumsi tiap hari ternyata tidak baik dan tidak sehat serta berbahaya buat kesehatan lho!

Ada beberapa alasan mengapa kamu tidak boleh mengonsumsi makanan yang sama setiap hari dalam waktu yang lama.

Kekurangan Nutrisi

Tubuh kita membutuhkan beragam nutrisi makro dan mikro. Hal ini bisa dipenuhi dari berbagai makanan dan sayuran.

Ini artinya jika kamu hanya mengonsumsi satu jenis buah atau sayur saja, akan membuat tubuh kita kekurangan nutrisi yang lainnya.

So, kamu perlu mengonsumsi berbagai macam sayuran dan buah-buahan

BACA JUGA: Gawat! Sering Makan Junk Food Bikin Rusak Kualitas Sperma 

Kelebihan Nutrisi Tertentu

Mengonsumsi makanan yang sama setiap hari bisa membahayakan kesehatanmu  lantaran bertumpuknya nutrisi tertentu dalam tubuhmu .

Hal ini bisa terjadi Misalnya, kamu terlalu banyak menyantap sajian kunyit terus menerus maka hal itu bisa mengganggu fungsi hati.

Nggak Baik untuk pencernaan

Mengonsumsi makanan secara variatif adalah kebiasaan bagus untuk pertumbuhan bakteri baik di usus dan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, serta bagus untuk pencernaan secara keseluruhan.

Konsumsilah dalam jumlah yang tepat, makanan fermentasi, buah-buahan, dan sayuran. Ini alasan lain kamu tidak disarankan menyantap sajian makanan favorit setiap hari.

BACA JUGA: Bahaya Makan Mi Instan Terlalu Sering untuk Kesehatanmu

Bikin Lama  Penurunan Berat Badan

Jika Anda sedang dalam program penurunan berat badan, mengonsumsi makanan favorit setiap hari bisa jadi tak menguntungkan.

Menurut studi yang dipublikasikan dalam PLOS One, orang yang makan lebih banyak buah dan sayuran bisa menurunkan berat badan lebih cepat dibandingkan dengan mereka yang mengonsumsi makanan yang sama tiap hari.

BACA JUGA: Mindful Eating untuk Atasi Aktivitas Makan Berlebih

Gangguan Makan

Mengonsumsi makanan favorit setiap hari bisa menyebabkan gangguan makan selektif

Dalam kondisi ini, seseorang akan menolak makanan tertentu karena warna, tekstur, atau bau makanan tersebut secara konstan.

Hal ini pada akhirnya bisa menyebabkan kekurangan gizi dan penurunan berat badan yang tidak sehat.

Nah mulai sekarang kamu harus mengusahakan agar tidak mengonsumsi makanan yang sama setiap hari.

Comments