merenung pasca putus cinta
(Foto: Unsplash.com)

Sabigaju.com – Para cowok meski merasakan pahitnya putus cinta. mereka lebih sering memendam rasa, sehingga mereka selalu terlihat baik-baik saja.

Buat kebanyakan cowok, saat pertama putus yang ada dalam pikiran cowok mah ya jelas bebas bisa ngelakuin apa aja! Yup, bisa dibilang cowok akan cenderung menggunakan logikanya daripada perasaan.

Maka saat seorang cowok merasakan patah hati, dia gak akan berlarut-larut meratapi sakit hatinya. Yang ada di pikirannya hanyalah sebuah hubungan yang kandas dan semuanya telah berakhir. Ya sudah, dijalani saja

Hal lain yang membuat cowok umumnya bisa dengan dengan mudah bisa mengalihkan kesedihan pasca putus lantaran dia melakukan hobinya, berolah raga, atau sekadar nongkrong bersama teman-temannya.

Bisa dibilang mereka punya waktu yang minim untuk meratap lantaran putus cinta. Namun apakah semua semudah itu bisa move on?

BACA JUGA: Berapa Lama Pria Bisa Keluar dari Kondisi Patah Hati?

Apa Kata Penelitian Ilmiah?

Menurut penelitian dari Binghamton University, pria disebut bisa move on lebih cepat, tapi sakit hati yang dialami masih belum terobati dengan sempurna.

Penelitian tersebut melibatkan 5.705 orang dari 96 negara sebagai responden. Para peneliti meminta para responden itu untuk menilai dengan menggunakan angka di rentang satu sampai sepuluh untuk menggambarkan seberapa besar rasa sakit yang mereka rasakan saat patah hati.

Nilai 0 berarti tidak merasakan efek apa pun, dan nilai 10 untuk menggambarkan sakit hati yang luar biasa.

BACA JUGA: 5 Lagu Ini Dijamin Bakal Cepat Bikin Kamu Move On dari Si Dia

Hasil penelitian tersebut mengungkapkan bahwa rata-rata skor perempuan adalah 6,84. Sedangkan laki-laki memiliki skor rata-rata 6,58.

Perempuan juga merasa lebih menderita secara fisik dengan nilai rata-rata 4,21, sementara laki-laki hanya sebesar 3,75.

Meski saat putus, perempuan yang mengalami sakit hati yang lebih parah, perempuan lebih cepat mengatasi luka hati setelah putus cinta.

Berdasarkan penelitian tersebut juga para laki-laki lebih kesulitan untuk menyembuhkan luka hati mereka secara total.

BACA JUGA: Tipe Mantan yang Membuat Susah Move On 

Bagaimana dengan Rasa Kehilangan?

Peneliti tersebut mengatakan, para laki-laki akan merasa kerugian yang sangat dalam untuk jangka waktu yang sangat lama dan luka hatinya sulit untuk sembuh total.

Mereka akan mencoba untuk mengganti apa yang telah hilang, tapi akhirnya mereka pun menyadari bahwa kehilangan yang mereka alami itu tidak tergantikan alias merasakan sedih patah hati belakangan.

Namun gaes, move on sejatinya  bisa kamu akan capai  bila pikiranmu sudah menjadi dewasa. Saat kamu tak lagi hanya memikirkan tentang asmara namun juga berpikir soal karir dan usaha.

Ketika kamu sudah mulai memikirkan karir dan masa depan, itulah move on dari mantan dan masa lalu yang sesungguhnya. (Sbg/Rig)

Comments