16 Kamera
Pengembang Smartphone asal Korea Selatan, LG dikabarkan akan meluncurkan smartphone terbarunya yang akan memuat 16 kamera. (Foto: Phone Arena.com)

Sabigaju.com – Persaingan para pengembang smartphone terus berlangsung ketat. Berbagai fitur mutakhir dengan berbagai keunggulan kini banyak disematkan dalam sebuah smartphone untuk menarik perhatian konsumen.

Salah satu fitur yang paling di gemari konsumen saat ini adalah fitur Kamera. Maka tak heran dalam sebuah smartphone dapat memuat 3 hingga 5 buah kamera.

Perang antar pengembang smartphone diprediksi bakal berlangsung sengit setelah bocornya rencana dari LG. Vendor asal Korea Selatan itu berencana membuat smartphone dengan 16 kamera.

BACA JUGA:

 

Smartphone dengan 16 Kamera

Rencana LG mematenkan smartphone dengan 16 kamera terendus dalam sebuah bocoran paten yang didaftarkan ke Badan Urusan Paten dan Merek Dagang AS (USPTO).

Dalam paten tersebut, disebutkan bahwa LG akan menjejalkan smartphone dengan 16 lensa kemungkinan yang akan menjadikannya hexadecimal-camera.

Tata letak semua kamera berbentuk lengkung. Kemungkinan, penempatan tersebut dimaksudkan untuk menangkap gambar dari beberapa perspektif berbeda, bahkan bisa mensimulasi gerakan dari gambar taktis. Dalam patennya, kamera diperkirakan bisa lebih mudah mengganti obyek foto.

16 Kamera
(Foto: LetsgoDigital)

Sebab, kamera ponsel akan menangkap lebih banyak informasi tentang obyek dalam tiga dimensi dibanding hanya dalam dua dimensi.

Cara mengganti obyek foto adalah dengan memangkas beberapa bagian, kemudian dipindah ke gambar yang ditangkap oleh lensa lainnya. Kemungkinan, pengguna juga bisa mengkombinasikan beberapa bagian foto yang berbeda secara bersamaan.

Nah, 16 lensa itu diposisikan dengan tata letak 4 x 4 di belakang smartphone. Konsep ini dimaksudkan untuk mengambil beberapa perspektif dalam sekali jepretan.

Teknologi ini memungkinkan pengambilan gambar 3D bergerak, serta memudahkan penggantian objek dalam foto berkat data tambahan yang diambil dalam setiap jepretan.

Selain itu, kemungkinan besar lainnya adalah desain smartphone yang didominasi layar tanpa bezel dan tanpa notch.

Alasan Penggunaan 16 Kamera

Tampaknya perusahaan asal Korea Selatan itu belum puas dengan konfigurasi lima kamera yang disematkan pada LG V40 ThinQ.

Sebagai informasi, flagship baru LG itu memiliki tiga kamera belakang dan dua kamera depan. Ini dinilai sebagai kamera paling serba guna yang pernah dibuat oleh LG.

16 Kamera
(Foto: Letsgodigital)

Di pasaran sendiri sudah ada sebuah kamera portabel dengan 16 lensa (dan sensor) yang disebut Light L16. Dengan perangkat ini memungkinkan kita untuk mengambil gambar 52 megapiksel.

Jadi sepertinya tidak terlalu jauh jika kita berasumsi bahwa LG akan segera mewujudkan smartphone dengan 16 kamera ini. Namun, akan seperti apakah smartphone LG dengan 16 kamera itu? Kita tunggu saja kehadirannya. (Sbg/Rig)

Comments