Menggunakan Masker untuk mencegah wabah virus corona
(Foto: Freepik.com)

Sabigaju.com – Begitu banyak orang di Tanah Air yang cemas atau bahkan panik hingga memborong begitu banyak masker penutup mulut dan hidung pasca Pemerintah mengumumkan dua orang Indonesia positif terjangkit virus corona atau covid-19.

Meski Pemerintah sendiri telah mengimbau masyarakat untuk tidak panik, tetapi tetap waspada. Namun, banyak orang bisa jadi tetap langsung berupaya mencari dan menggunakan masker.

Berdasarkan pantauan Sabigaju.com, dari beberapa e-comerce, para pedagang masker memasang harga yang sangat tinggi dari harga sebelumnya.

Untuk harga sebelumnya hanya mencapai di angka 30 ribu sampai dengan 70 ribu tapi saat ini bervariasi dari angka 500 ribu sampai 1,5 juta.

Yup, tingginya antisipasi masyarakat untuk menggunakan masker rupanya bisa membuat  persediaan masker menipis.

Sebenarnya apakah menggunakan masker efektif untuk mencegah penularan Infeksi Virus Corona?

BACA JUGA: Cemas Berlebihan Akan Virus Corona Bisa Bikin Hypochondria

Alasan Tak Perlu Masker

Terkait hal itu, Profesor Obat dan Epidemiologi di University of Iowa’s College of Medicine, Eli Perencevich, juga mengungkapkan seseorang tak perlu menggunakan masker wajah jenis apa pun dengan maksud mencegah tertular covid-19.

Sekalipun ada kasus temuan covid-19 di dekat sana, menurut dia, tetap saja orang sehat tidak perlu menggunakan masker, baik itu masker bedah, masker N95, masker respirator, maupun masker jenis lainnya untuk melindungi diri dari virus corona.

Bahkan, Dr Perencevich, secara tegas melarang orang sehat menggunakan masker. Pasalnya, belum ada bukti bahwa memakai masker pada orang sehat akan melindungi mereka dari serangan virus corona.

BACA JUGA: Waspada Obat Infeksi Virus Corona di Toko Online

Masker dan Peningkatan Resiko Infeksi

Masker malah meningkatkan risiko infeksi Menurut dia, penggunaan masker yang salah malah bisa jadi dapat meningkatkan risiko infeksi karena seseorang lebih sering menyentuh wajah.

Dr Perencevich pun menjelaskan virus corona dapat ditularkan melalui tetesan, bukan melalui udara.

Itu berarti Anda tidak dapat menghirupnya secara acak. Masker melainkan tepatnya dipakai oleh mereka yang merasa menderita flu atau berpikir terkena seranga covid-19.

“Jika Anda mengalami flu atau berpikir terkena Covid, saat itulah Anda harus mengenakan masker untuk melindungi orang lain. Di rumah, jika Anda merasa sakit, Anda harus menggunakan masker untuk melindungi anggota keluarga Anda,” tutup Dr Perencevich.

Kiranya informasi ini bisa membantu kalian untuk tidak panik dan melakukan aksi borong masker. (Sbg/Rig)

Comments