Earphone
(Foto: Unsplash)

Sabigaju.com – Begitu banyak orang yang menggunakan earphone dalam kegiatan keseharian. Mulai dari untuk mendengarkan musik, bermain game di kala senggang, hingga untuk menelepon ketika kedua tangannya tengah sibuk.

Yup, kini earphone merupakan salah satu aksesoris gadget yang dibutuhkan. Sayangnya banyak orang keliru menggunakan earphone

Keliru disini adalah kamu hanya menggunakannya semata tanpa pernah membersihkannya.

Hal itu membuat membuat earphone begitu menjijikan dan bisa berdampak buruk pada indera pendengaran kita.

BACA JUGA: Waterproof Headphone Untukmu yang Suka Berolahraga

Earphone Menjijikan dan Bisa Membuat Infeksi Telinga

Menurut pakar kesehatan telinga Lisa Hellwege selaku clinical director of Earworx, mengungkapkan bahwa memakai kebiasaan menggunakan earphone bisa memicu penumpukan kotoran, keringat, minyak, kulit mati bahkan rambut telinga. Ups, menjijikan bukan

Penumpukkan bakteri dan kotoran telinga pada earphone meningkatkan risiko terjadinya infeksi telinga, jamur telinga, hingga jerawat.

Dan yang lebih mengkhawatirkan adalah, penumpukan hal tersebut bisa memicu infeksi telinga.

Hellwege memberi contoh, seperti penyumbat telinga atau alat bantu dengar. Alat ini berada di tempat zat kotoran telinga di produksi dan sebenarnya dapat merangsang produksi kotoran lebih banyak saat sedang digunakan.

Zat itu sebenarnya memiliki beberapa peran penting, termasuk melindungi dan melembapkan saluran telinga, tetapi zat yang berlebihan akan menyebabkan infeksi.

“Earphone peletakannya di sepertiga luar telinga. Tempat zat itu diproduksi dan dapat membuat telinga kering dan gatal,” Ujarnya.

BACA JUGA: Racikan Sporty Plus HipHop dalam Headphone Beats NBA

Jaga Kebersihan Earphone

Lisa Hellwege pun menyarankan agar kita menjaga kebersihan earphone agar tidak menimbulkan kerugian bagi kesehatan telinga.

“Sebaiknya bersihkan earphone setiap hari dengan alkohol yang bisa membunuh 99,9 persen patogen,” sarannya.

So, mulai sekarang, yuk rutin membersihkan earphone setidaknya satu minggu sekali. Berikut tips dari sabigaju buat kamu:

– Pastikan earphone sedang tidak terpasang pada perangkat apapun

– Buat pembersih dengan campuran sabun cuci piring dan air hangat. Pastikan untuk tidak menggunakan terlalu banyak sabun karena akan meninggalkan residu pada earphone

– Celupkan kain lembut pada pembersih, peras hingga tidak ada air menetes, lalu bersihkan secara perlahan pada bagian kabel dan kepala earphone

– Jika Anda menemukan kotoran pada bagian dalam kepala earphone, sikat menggunakan sikat gigi yang kering untuk mengangkat kotoran

BACA JUGA: Musik Ternyata Bikin Performa Olahraga Makin Yahud

– Untuk earphone yang memiliki sarung silikon, pastikan untuk membukanya terlebih dahulu dan bersihkan secara menyeluruh

– Setelah dibersihkan, pastikan earphone dalam keadaan kering sebelum kembali digunakan

– Sementara untuk bagian kabel earphone yang tampilannya lusuh karena kotoran yang menumpuk kamu bisa menggunakan penghapus karet. Gosokkan penghapus pada bagian yang kotor seperti menghapus tulisan pada kertas.

Nah, selain dengan rutin membersihkan, kamu  juga sebaiknya tidak menggunakan  earphone milik orang lain, ya! Selain menjijikan,  hal ini penting untuk mencegah terjadinya penyebaran bakteri. (Sbg/Rig)

Comments