Seorang pendaki tengah berada di puncak Gunung Binaiya. Gunung Binaiya adalah salah satu destinasi wisata gunung yang banyak diminati para traveller maupun pendaki gunung di Tanah Air. (Foto: Instagram bhoomiindonesia)
Seorang pendaki tengah berada di puncak Gunung Binaiya. Gunung Binaiya adalah salah satu destinasi wisata gunung yang banyak diminati para traveller maupun pendaki gunung di Tanah Air. (Foto: Instagram bhoomiindonesia)

Sabigaju.com – Wisata gunung merupakan alternatif wisata yang dapat kamu lakukan di wilayah Maluku  disamping wisata pantai dengan berbagai spot yang menakjubkan.

Nah kali ini Sabigaju mau kasih info tentang Gunung Binaiya yang merupakan gunung tertinggi se Provinsi Maluku. Gunung ini membentang di Pulau Seram dan masuk ke dalam lingkup Taman Nasional Manusela yang mempunyai luas 189.000 hektar.

Kamu dan siapapun yang aktif di dunia pecinta alam, atau mereka yang menyukai traveling ke gunung pasti terobsesi menaklukan gunung ini.

Gunung Binaiya masuk ke dalam Kabupaten Maluku Tengah. Provinsi Maluku. Untuk mengakses lokasi ini bisa dilakukan dari ibukota provinsi Maluku, Ambon, menggunakan jasa angkutan bis menuju Pelabuhan Tulehu.

Setiba di Tulehu, dilanjutkan menyeberang selat dengan menggunakan jasa speedboat menuju Pulau Seram, tepatnya singgah di Pelabuhan Wahai, .Dari Wahai perjalanan dilanjutkan menuju desa Kanikeh selama sekitar 6 jam. Kanikeh merupakan desa terakhir sebelum menuju puncak Gunung Binaiya.

Keindahan Mata Air Ninivala di Kaki Gunung Binaiya

Nah salah satu destinasi yang dapat kamu jumpai saat wisata gunung  ini adalah sebuah mata air bernama Ninivala di kaki Gunung Binaya.

Mata air Ninivala hadir sebagai bagian dari surga di gunung iniyang berada di Pulau Seram, Maluku ini. Fenomena mata air alam di sini mungkin salah satu yang paling aneh di dunia.

Mata air yang berada ditengah hutan Negeri Piliana Kecamatan Tehoru ini mulai dikenal oleh banyak orang lantaran keunikannya.

https://www.instagram.com/p/BTfJnfPhn7N/?taken-at=1180841555261414

Dengan air terlihat seperti mendidih mengeluarkan gelembung dan menghasilkan asap. Akan tetapi airnya tidak panas bahkan traveler bisa mandi dan berenang di dalamnya. Airnya segar cenderung dingin seperti es. Selain itu pemandangan yang mengelilingi Mata Air Ninivala tersebut ini memiliki keindahan panorama alam yang sangat eksotis.

View this post on Instagram

too good!

A post shared by Ans (@amhehalatu) on

Mempunyai ciri khas dengan berwarna biru cerah Ninivala sangat menarik pandangan mata, Mata air Ninivala juga dikenal dengan Air Jodoh.

Mitosnya mata air ini dipercaya masyarakat setempat sebagai kali pembawah jodoh. Siapapun yang mandi disitu dengan niat suci maka dia akan mendapatkan jodoh,oleh karena itu Mata air ini disebut kali jodoh.

Menggapai Langit Saat Wisata Gunung Binaiya

Gunung Binaiya terletak di wilayah pedalaman, sehingga fasilitas dan akomodasi untuk wisatawan nyaris tidak ada, kecuali hanya beberapa rumah adat penduduk yang disediakan untuk menginap para pendaki gunung yang bermalam.

Gunung Binaiya tergolong unik karena menjulang dari ketinggian 0 meter hingga 3055 meter di atas permukaan laut. Di bagian kaki gunung, banyak terdapat sungai yang membentang seluas 6-8 meter.

Memiliki karakteristik trek bebatuan tajam dan banyaknya jurang, bukan perkara mudah untuk bisa menggapai gunung yang satu ini. Kamu perlu melakukan persiapan khusus, termasuk mengenakan sepatu dan pelindung kaki yang tepat selama melakukan perjalanan wisata gunung ini..

Tempat tertinggi di Gunung Binaiya sendiri bernama Puncak Siale. Dari tempat ini terlihat hamparan keindahan alam yang menawan, termasuk “karpet awan” saat cuaca sedang bagus. Pastinya kamu bakal berusaha mencoba mengapai langit deh saat berada dipuncak gunung ini.

So, Kamu tertarik untuk mencoba wisata gunung Binaiya?

Comments