Dampak Kesepian.
Jika kamu sering merasa kesepian waspadalah. Jika berlarut larut dampak kesepian bisa menyebabkan kematian. (Foto: Unsplash)

Sabigaju.com – Rasa kesepian wajib diperhatikan. Sama seperti gangguan kesehatan fisik, dampak kesepian juga dapat mempengaruhi kesehatan.

Kesepian dapat mempengaruhi kesehatan jiwa seseorang, rasa sepi dapat membuat seseorang berpikir negatif.

Kesepian bisa menjadi masalah serius buat kehidupanmu. Lebih tepatnya berbahaya bagi kesehatanmu.

Dilansir dari laman Insider beberapa waktu lalu, dua ahli tentang kesepian, Dr. Julianne Holt-Lunstad, seorang profesor psikologi dan neurosains di Universitas Brigham Young, dan Dr. Nancy Donovan, seorang psikiater yang berspesialisasi dalam geriatri dan neurologi di Rumah Sakit Brigham and Women di Boston, menjelaskan berbagai bahaya  yang bisa menyerang orang-orang yang kesepian.

Apa saja bahaya-bahaya yang dapat mengintai orang-orang yang merasakan kesepian ini? Simak ulasannya berikut ini.

1. Dampak Kesepian bisa Menyebabkan Kematian Dini

Penelitian Dr. Hot-Lunstad menunjukkan bahwa dampak kesepian secara keseluruhan menimbulkan risiko kematian prematur, yakni kematian yang terjadi sebelum usia rata-rata kematian pada populasi tertentu.

2. Depresi dan Lebih Sulit Atasi Stres

Dampak kesepian lainnya adalah timbulnya gejala depresi. Selain itu, kesepian juga akan membuatmu lebih sulit untuk mengatasi stres.

3. Lebih Mudah Terkena Inflamasi dan Flu

Orang yang kesepian lebih mudah terkena inflamasi atau peradangan. Lebih berbahaya lagi, peradangan tersebut bisa berujung pada penyakit-penyakit serius seperti kanker.

Selain inflamasi, orang-orang yang merasa kesepian juga lebih mudah terserang penyakit flu dan demam.

4. Susah Berinteraksi

Sebagian orang ada yang memilih untuk berdiam diri di rumah, dan enggan bersosialisasi dengan orang sekitar.

Kesepian juga bisa membuat seseorang merasa lebih sensitif dan lebih waspada saat membentuk koneksi dengan orang lain.

Mereka cenderung awas dengan hubungan yang bisa berubah menjadi ancaman untuk mereka. Oleh karena itu, orang-orang yang merasa kesepian juga disebut memiliki keraguan yang besar terhadap lingkungan sosial.

5. Kesepian Berpotensi Terkena Penyakit Jantung

Dr. Donovan dan Dr. Holt-Lunstad menyoroti bahwa kesepian bisa dikaitkan dengan masalah kardiovaskuler yang serius.

Hal itu meningkatkan potensi terkena penyakit jantung bagi orang-orang yang merasa kesepian. Bahayanya, penyakit jantung menjadi penyakit paling mematikan di seluruh dunia.

6. Merusak Pola Makan dan Menyebabkan Kebiasaan Tidak Sehat

Banyak karakteristik kesepian berhubungan dengan berbagai jenis gangguan makan seperti anoreksia, bulimia, dan sebagainya.

Oleh karena itu, perasaan kesepian juga bisa menjadi faktor dalam penambahan atu penurunan berat badan serta  juga menyebabkan seseorang mempunyai kebiasaan yang tidak sehat.

7. Pertanda Penyakit Alzheimer

Orang yang mersa kesepian berlarut-larut bisa terserang penyakit alzheimer lantaran  mereka yang memiliki tingkat protein lebih tinggi yang disebut dengan amiloid,

Akumulasi amiloid di otak menyebabkan timbulnya penyakit alzheimer. Hipotesis menyatakan bahwa senyawa amiloid dapat mengacaukan komunikasi antara sel-sel otak dan akhirnya membunuh sel-sel tersebut.

Mengerikan sekali bukan dampak dari kesepian! So, mulai sekarang jangan abaikan rasa kesepian, ya. Mulailah bertemu dan berkumpul bersama teman-temanmu untuk menghindari dampak negatif kesepian. (Sb g/Rig)

Comments