Banyak orang dihadapkan pada hutang setelah merayakan Lebaran lantaran tak punya perencanaan pengeluaran uang yang baik. (Foto: Pixabay)
Banyak orang dihadapkan pada hutang setelah merayakan Lebaran lantaran tak punya perencanaan pengeluaran uang yang baik. (Foto: Pixabay)

Sabigaju.com – Kurangnya perencanaan keuangan yang baik di tengah meningkatnya kebutuhan jelang Lebaran membuat banyak orang terpaksa dihadapkan pada utang setelah merayakan Lebaran.

Yup, Kebutuhan menyambut momentum ini memang terbilang beragam dan nominalnya tak sedikit, seperti untuk sandang, pangan, tunjangan hari raya (THR), mudik, dan lain sebagainya.

Selain kebutuhan bahan pangan, menjelang hari raya masyarakat pun berburu baju Lebaran. Tak sampai di situ saja, mempercantik rumah saat menyambut hari raya cukup lekat pada masyarakat.

Kebanyakan masyarakat mempunyai pikiran, Lebaran dirayakan sekali dalam setahun. Sehingga persiapannya pun harus cukup besar.

Berikut ini Sabigaju.com merangkum beberapa cara agar utang tidak terjerat hutang yang membengkak usai merayakan Lebaran yang dihimpun dari berbagai sumber.

1. Catat Semua Pengeluaran

Catat seluruh pengeluaran bulanan kamu mulai dari yang jumlahnya sangat kecil sekalipun. Dengan begitu, Anda dapat menemukan mana saja pengeluaran yang sekiranya tidak penting.

Ini cara paling efektif untuk berhemat dan menambah tabungan.

2. Pangkas pengeluaran

Setelah mengetahui seluruh pegeluaran kamu, hentikanlah kebiasaan menghabiskan uang untuk hal yang tak penting. Dengan begitu, Anda dapat mulai menyisihkan sebagian uang untuk secara bertahap melunasi utang yang ada.

Dengan kehidupan yang biasa, Anda dapat menghemat pengeluaran dan membayar utang Anda satu per satu.

3. Kurangi Jajan di Luar

Kebiasaan jajan atau makan di luar adalah pengeluaran kecil yang seringkali tidak terasa. Namun jika ditotal, bisa jadi faktor inilah yang membuat kamu selalu kehabisan uang sebelum gajian tiba.

Bawalah bekal sendiri dari rumah untuk makan siang atau belajar memasak. Dengan cara ini pengeluaran bisa ditekan secara bertahap. Bijaklah menentukan kapan saat makan di luar dan kapan mencukupkan semuanya di rumah.

4. Jangan Tergiur Rayuan Social Media

Social media menawarkan begitu banyak informasi yang menggoda, misalnya skincare dan make up terbaru, tren fashion paling hits saat ini atau makanan kekinian yang bikin lapar mata. Tahan diri dan beranilah bilang tidak pada diri sendiri. Semakin sering mengecek sosial media, maka akan ketagihan.

Uang yang dimiliki juga akan semakin mudah dihabiskan untuk barang-barang yang diinginkan, bukan yang dibutuhkan. Sosial media juga akan membuat membandingkan kehidupan dengan orang-orang lain di luar sana, sehingga akan semakin konsumtif mengikuti gaya mereka.

5. Cari Tambahan Pemasukan

Jika pekerjaan saat ini dirasa kurang cukup, carilah sumber pendapatan lain. Dengan adanya internet, pekerjaan lebih mudah dijangkau saat ini. Anda bisa berjualan online atau menjadi freelancer.

Siapa tahu dengan jalan tersebut anda bakal menemukan sumber pendapatan lain ini tak hanya bisa mencukupi kebutuhan keluarga, melainkan juga menjadi sumber tabungan.

Hal ini cara paling cepat dan sederhana untuk menghasilkan uang dan mencicil utang Anda. Setelah lunas, jangan pernah mencoba menumpuk utang kembali. (Sbg/Rig)

Comments