Mengenakan Jam Tangan
Kini mengenakan Jam tangan adalah lambang kepercayaan diri seseorang pria. (Foto: Unsplash)

Sabigaju.com – Jam tangan adalah sebuah aksesoris yang sangat fungsional. Mengenakan Jam tangan adalah lambang kepercayaan diri seseorang termasuk pria sepertimu.

Popularitas jam tangan sendiri telah ada sejak abad ke-19 hingga saat ini. Dulu, arloji saku cenderung lebih populer karena acap kali ditaruh di saku dan terikat rantai sehingga tidak mudah hilang.

Berikut ini adalah ulasan singkat mengapa pria perlu  mengenakan jam tangan.

BACA JUGA: Lima Item Fesyen Klasik yang Enggak Bakal Basi, Wajib Punya!

Digunakan dalam Perang

Pada abad ke-20, dunia sedang sangat porak-poranda karena imperialisme negara-negara besar melalui Perang Dunia I dan Perang Dunia II.

Banyak orang mengenakan jam tangan yang jala itu berbentuk arloji saku. memang sangat simpel, namun diperlukan tangan dan waktu untuk merogoh saku agar mengetahui waktu.

 

Hal ini cenderung tidak tepat karena para tentara tentu harus berburu dengan waktu untuk melepas senjata.

(Foto: Pexels)

Dengan demikian, kebanyakan tentara berimprovisasi dengan mengikat jam tangan di tangan agar lebih efisien.

Orang-orang yang terlibat dengan ketetapan waktu dalam posisi militer, bisnis dan pemerintahan lebih banyak didominasi oleh pria.

Jam saku pun perlahan tapi pasti mulai tergantikan dengan jam tangan. Banyak pria sudah mulai mengenakan jam tangan sebagai salah satu aksesoris fungsional.

BACA JUGA: Wajib! Tiga Aplikasi Supercool yang Mesti Ada di Smartphone Para Pria

Digunakan untuk Berkoordinasi

Dulu, sistem koordinasi sangat bergantung pada isyarat visual. Namun, pada waktu terjadinya perang, medan yang semakin besar membuat para tentara bertempur di parit sehingga koordinasi visual menjadi sangat sulit digunakan.

Dimulailah penggunaan jam untuk mengkoordinasikan serangan. Caranya dilakukan dengan mensinkronisasi jam tangan untuk memulai serangan pada waktu yang telah disepakati bersama.

(Foto: Via Watches by SJX)

Pada sekitar akhir abad ke-19, Girard-Perregaux menjadi perusahaan pertama yang memproduksi jam tangan massal untuk pelaut laki-laki di Angkatan Laut Kekaisaran Jerman.

Begitu pula dengan The Waterbury Clock Company dan Louis Cartier yang membuat jam tangan untuk pria bernama Timex dan Santos.

BACA JUGA: Nih! List Komplit Perlengkapan Traveling yang Wajib Dibawa Para Pria 

Alasan Menggunakan Jam Tangan

Pria sepertimu tentu tidak ingin ribet. Mengenakan jam tangan yang nyaman dan fungsional jelas menjadi nilai tambah tersendiri, bukan?

(Foto: Pexels)

Estetika jam tangan pun masih belum dapat dikalahkan oleh smartwatch yang belum lagi dapat menunjang penampilan dari segi desain dan bentuk.

Kini, telah banyak tipe jam yang digunakan untuk menyesuaikan keadaan. Bahkan, mengenakan jam tangan yang tepat dapat membuatmu terlihat menarik di depan si dia saat kalian melakukan kencan. (Sbg/Vania)

Comments