Mengenakan masker bisa meminimalisir upaya penularan infeksi virus Corona
(Foto: Freepik.com)

Sabigaju.com – meski mengenakan masker diwajibkan bagi kita bila keluar dari rumah saat masa pandemi, masih banyak orang yang tidak mengikuti anjuran pemerintah untuk mengenakan  masker saat keluar rumah.

Apa yang sebenarnya berada di benak orang yang malas mengikuti anjuran ini ya? Terutama untuk memakai masker.

Saat virus corona atau Covid-19 masih terus meningkat, sebuah penelitian baru menunjukkan bahwa pria cenderung enggan mengenakan masker.

BACA JUGA: Memakai Masker Modis Bikin Penampilan Cowok Makin Keren 

Studi Ungkap  mengapa Pria Malas Memakai masker

Menurut studi yang dilakukan para peneliti dari Middlesex University London di Inggris dan Lembaga Penelitian Ilmu Matematika di Berkeley, California., pria lebih banyak percaya bahwa mengenakan masker wajah merupakan hal yang memalukan dan tidak keren.

Studi ini juga menemukan bahwa pria lebih cenderung melaporkan perasaan emosi negatif saat mengenakan penutup wajah.

Para pria dalam penelitian tersebut cenderung ‘kurang sreg’ memakai masker wajah di tempat umum karena hal tersebut dianggap ‘tanda kelemahan’.

BACA JUGA: Ketahui Hal Penting Saat Menggunakan Masker Kain 

Selain itu, pria juga kurang percaya akan terkena dampak serius Covid-19. Padahal data dan kenyataan menunjukkan sebaliknya. Di tempat-tempat seperti Cina, Italia, Spanyol dan New York City, laki-laki meninggal karena Corona Covid-19 dengan tingkat yang jauh lebih tinggi daripada perempuan.

“Pria lebih setuju dari wanita bahwa memakai masker itu memalukan, tidak keren, tanda kelemahan dan stigma; dan perbedaan gender ini juga memediasi niat perbedaan gender untuk mengenakan penutup wajah, ” ungkap penulit penelitian, Dr. Valerio Capraro dan Hélène Barcelo.

Sementara itu, perempuan lebih cenderung memakai masker wajah selama kegiatan penting daripada pria.

“Hasil kami menemukan bahwa pria cenderung kurang suka untuk memakai masker daripada wanita, terutama di negara-negara yang tidak mewajibkan masker,” kata Dr Capraro.

BACA JUGA: Pakai Masker Bukan Berarti Bebas Jaga Jarak 

Mengapa Para Pria Harus Mengenakan Masker

Yang patut kamu tahu, masker bisa melindungi kamu dan orang di sekitarmu sekaligus. Alasannya, virus corona bisa menginfeksi seseorang tanpa menimbulkan gejala apa pun atau yang disebut dengan asimtomatik. Mereka akan menjadi carrier virus dan bisa menularkannya ke orang lain.

Mengenakan Masker bisa melindungi saluran pernapasan dari penularan virus. Sebab virus bisa menyebar melalui percikan atau droplet, microdroplet, dan aerosol.

Jika droplet langsung jatuh ke lantai atau benda, tidak demikian dengan microdroplet. Melainkan mengambang dan bergerak sesuai aliran udara. Itu sebabnya mengenakan masker bisa mencegah penyebaran virus melalui microdroplet.(Sbg/Rig)

Comments