Menonton Sepakbola
(Foto: Freepik.com)

Sabigaju.com – Para pecinta sepakbola tentu sudah tidak sabar untuk menyaksikan berlangsungnya kembali Premier League musim 2019/2020 pada d Kamis (18/6/2020) dini hari nanti.

Para penggemar bola tentunya tidak asing dengan kegiatan begadang demi menyaksikan pertandingan tim favorit mereka, baik di televisi ataupun secara streaming melalui perangkat elektronik.

Meski terlihat remeh,  kamu harus hati-hati karenapakar kesehatan mengungkapkan bahwa menonton bola bisa berakibat buruk pada kesehatan tubuhmu.

BACA JUGA:  Segudang Manfaat Olahraga Sepakbola untuk Buah Hatimu 

Terlalu Bergairah dan Mengebu Tak Baik untuk Jantung

Campur aduk rasa antusias, dada berdebar-debar, cemas, dan konsentrasi tinggi, biasa dialami oleh para penggemar bola saat menontonnya. Kondisi ini bisa berujung pada teriakan dan melompat saat tim jagoan berhasil mencetak gol, atau emosi kesal serta marah apabila tim favorit kalah di lapangan hijau.

Menonton sepakbola di stadion
(Foto: Freepik.com)

“Ketika gelora gairah semangat terlalu berlebihan, ini bisa mengundang bahaya, entah Anda menonton bola langsung atau di rumah,” jelas Dr Surajudeen Adefabi Ogunyemi, seorang konsultan kesehatan jantung di Obafemi Awolowo University Teaching Hospitals Complex, Ile Ife, Nigeria.

Oguyumi juga menambahkan bahwa seorang penggemar berat pertandingan olahraga memiliki kesamaaan satu sama lain, mereka memiliki ritme energi yang mengggebu-gebu. Bahkan, kumpulan semangat itu melebihi atlet yang tengah bertanding di lapangan.

Tak sedikit penggemar bola, kata Dr Ogunyemi, bertingkah dan berperilaku seperti seorang maniak.

Menurut dia, degup jantung yang naik turun selama menonton bola bisa meningkatkan serangan jantung, terutama untuk mereka yang telah menderita hipertensi dan masalah jantung.

Tentunya, orang yang menderita hipertensi dan jantung tidak bisa berada dalam kondisi tersebut secara intens. Sebab, bisa mengakibatkan stroke, gangguan detak jantung, dan tekanan darah semakin tinggi. Jika tidak hati-hati berpotensi berujung pada kematian,” paparnya.

“Orang-orang seharusnya jangan terlalu terbawa perasaan saat menonton tim jagoannya bertanding. Saya menganjurkan, Anda yang menderita hipertensi sebaiknya meminum obat penurun tekanan darah sebelum menonton bola,”pungkas Dr Ogunyemi.

BACA JUGA: Prit! Nih Gaya Bercinta yang Terinspirasi dari Permainan Sepakbola

Tim Kalah Bikin Stress

Hasil study yang dilakukan peneliti asal University of Oxford, Inggris juga menunjukan bahwa  penggemar berat sepakbola mengalami tingkat stres fisik yang hebat tatkala menonton tim kesayangannya, terlebih jika kalah.

Bahkan diketahui, efek yang timbul bisa berupa meningkatnya tekanan darah dan tegangan di jantung. Kondisi itu membuat orang rawan terkena serangan jantung.

Saat nonton sepak bola bila tim yang kita dukung kalah bisa bikin stres
(Ffoto: Freepik.com)

“Penggemar yang terlalu melebur dengan tim kesayangan mereka, utamanya yang memiliki perasaan kuat seolah menjadi bagian dari tim, mengalami respons stres fisiologis luar biasa saat menonton pertandingan,” kata Dr Martha Newson, peneliti di Center for the Study of Social Cohesion, di Oxford, Inggris.

Peneliti beranggapan, kadar kortisol yang tinggi dalam waktu tertentu juga berisiko menyempitkan pembuluh darah.

Selain itu, kondisi tersebut juga meningkatkan tekanan darah dan merusak hati yang sudah melemah. Hal ini bisa berbahaya, terlebih ketika tekanan darah dan jantung melonjak tajam.

Agar Kondisi  kesehatan tidak  meburukketika kamu menonton bola sambil begadang, baiknya kamu tidak mengonsumsi camilan tinggi garam, lemak, dan karbohidrat. Pasalnya, jenis-jenis makanan tersebut bisa menambah stres pada jantung dan memengaruhi tekanan darah.(Sbg/Rig)

Comments