pertemanan
ilustrasi pexels

Sabigaju.com – Setelah memasuki usia dewasa, apakah Anda sering merasa sendiri? Bahkan mungkin di satu momen Anda merasa sedih ketika memikirkan teman-teman lama yang sudah hilang kontak, atau bahkan berubah menjadi orang asing di mata kita.

Mungkin ada juga momen dimana Anda mempertanyakan kenapa pada usia yang lebih muda Anda memiliki banyak sekali teman, namun kini yang tersisa hanya segelintir?

Seorang Psikolog di Stanford University bernama Laura Carstensen mengatakan bahwa semakin dewasa seseorang, maka orang tersebut akan semakin selektif dalam lingkaran sosialnya. Mereka juga akan cenderung mempertahankan hubungan hanya yang benar-benar memberikan kepuasan emosional untuknya.

Menyikapi Lingkar Pertemanan yang Mengecil

1. Menerima (Accepting the Situation)

Menerima bahwa keadaan saat ini sudah tidak akan lagi sama dengan beberapa tahun lalu adalah penting. Dimana mungkin beberapa teman dekat Anda, bahkan Anda sendiri sudah berkeluarga dan lebih banyak menghabiskan waktu dengan keluarga.

Bagaimana hidup mengubah pribadi beberapa teman Anda, dan mungkin Anda sendiri, sehingga ketika berkumpul lagi dengan teman lama, rasanya berbeda dengan beberapa tahun lalu. Hal ini wajar, dan harus diterima. Sometimes, life hits us so hard.

2. Tidak Perlu Menghakimi dan Menyalahkan.

Ketika teman dekat Anda mengalami perubahan sikap, sifat, bahkan karakter yang cukup drastis, di balik itu semua pasti ada kejadian atau alasan yang besar, yang mungkin tidak disampaikan kepada Anda.

Maka sebelum memberikan label “tidak lagi menyenangkan”, “boring“, “grumpy” atau label negatif apapun kepada teman lama Anda, cobalah untuk kembali kepada pemahaman bahwa hidup bisa mengubah seseorang. Dan Anda harus menghormati keputusan teman Anda.

3. Memilih Teman-Teman yang Berkualitas.

Masih memiliki circle pertemanan yang luas saat Anda semakin dewasa? Anda harus bersyukur untuk itu, karena tidak semua orang sanggup mengelola pertemanan dengan lingkup luas seperti Anda.

Namun dalam lingkup yang luas itu pun masih harus Anda saring lagi. Jika lingkar pertemanan Anda cenderung tidak produktif, membuat Anda terlalu banyak menghamburkan uang, terlalu banyak gosip dan drama, ada baiknya Anda mengurangi waktu untuk berkumpul dengan lingkar pertemanan jenis ini.

Psikolog William Chopik dari Michigan State University mengatakan, dengan menjaga beberapa teman yang benar-benar dekat akan membuat kesehatan lebih prima. Jadi ada baiknya Anda menjaga lingkaran pertemanan yang paling membuat Anda bahagia dan produktif. (Sbg/Ary)

Comments