Mengalami Depresi
(Foto: [email protected])

Sabigaju.com – Hujan lebat dan banjir di sekitar wilayah Jakarta. beberpa waktu lalu, membuat banyak rumah dan kendaraan serta harta benda yang tenggelam ataupun hancur berantakan.

Nah, bagi mereka yang kena banjir dan hartanya hancur ataupun hanyut hanyut, tentunya akan mengalami depresi.

Seseorang yang mengalami depresi alias merasa tertekan atau terkadang sedih merupakan hal normal. Tetapi jika berlanjut dan menyebabkan masalah dalam kehidupan sehari-hari, maka perlu ditangani sebagai masalah kesehatan.

BACA JUGA: Penanganan Psikologis untuk Korban Banjir Besar di Jakarta

Depresi Bisa Menular

Tanpa disadari depresi bisa menular melalui ikatan sosial yang dekat dan jauh. Peneliti menyebut hal ini sebagai fenomena jaringan, teori penularan sosial dan teori penularan emosi kelompok.

Penelitian menunjukkan penularan itu dapat terjadi dalam beberapa cara. Depresi bisa menular lewat jalan saat kita bersama orang lain atau melihat orang lain melalui media sosial, kita sering mengevaluasi diri sendiri dengan orang tersebut.

Namun, membandingkan diri sendiri dengan orang lain, terutama yang memiliki pola pikir negatif, terkadang dapat merusak kesehatan mentalmu

Selain itu depresi bisa menular ketika emosi dan isyarat nonverbal yang orang lain tunjukkan kepadamu ditangkap sebagai informasi bagi otak.

BACA JUGA: Seks Saat Hujan Turun, Antara Psikologis dan Biologis

Terutama dengan ambiguitas internet dan SMS, Anda dapat menginterpretasikan informasi secara berbeda atau lebih negatif daripada yang dimaksudkan.

Dan yang cukup mengejutkan depresi bisa menular lewat empati. Terlebih jika kamu terlalu fokus atau terlibat dalam upaya menempatkan diri pada posisi seseorang dengan depresi.

Namun bukan berarti saat berada di dekat seseorang yang depresi secara otomatis akan membuat Anda mengalaminya juga.

Ini hanya menempatkan dirimu pada risiko yang lebih tinggi, terutama jika kamu lebih rentan terhadap depresi.

Bagi seseorang yang mengalami depresi dan sudah mulai kronis, hal itu dapat menyebabkan banyak masalah emosional dan fisik. Nah, ada sejumlah tips buat kamu untuk mengatasi depresi:

Berolahraga

Jika Anda mengalami depresi, jadikan olahraga sebagai bagian dari rutinitasmu.

Olahraga dapat merangsang produksi endorfin atau bahan kimia yang terasa enak di otak. Hal ini bagus untuk orang yang menderita depresi.

Konsumsi Makanan Seimbang

Jika kamu mengalami depresi, maka makanlah-makanan dengan asam lemak omega 3 seperti salmon, tuna dan asam folat (bayam, alpukat).

Makanan-makanan ini dapat membantu mengatasi depresimu. Lewat nutrisi yang seimbang akan memberi rasa kesejahteraan secara keseluruhan.

BACA JUGA: Stop! Jangan Mengabaikan Peringatan Dini BMKG

Tidur Secukupnya

Jika seseorang mengalami depresi,  cobalah untuk mendapatkan setidaknya 7 jam tidur tanpa gangguan setiap malam untuk ketenangan pikiran Anda.

Kembangkan Hobi

Minat baru ataupun kegiatan melakukan  hobi, pergi ke teater, kunjungi tempat baru, bertemu lebih banyak orang bisa membantumu keluar dari kondisi depresi.

Minat baru merangsang produksi dopamin di otak. Hal ini tentunya baik bagi seseorang yang mengalami depresi. Dan lagi membuat seseorang merasa senang dan bersemangat. (Sbg/Rig)

Comments