Cinta yang Hilang
(Foto: Freepik.com)

Sabigaju.com – Tak sedikit pasangan yang merasakan cinta yang hilang namun malah  mempertahankan hubungan pernikahan mati-matian

Mengapa hal ini terjadi? Menurut psikolog Ammanda Major, masalah ini umum terjadi dalam hubungan jangka panjang, seringkali kebosanan hidup hinggap di dalam pernikahan hingga menyebabkan hilangnya rasa cinta antar pasangan.

Ketika itu terjadi, mereka akan merasa tidak terhubung dengan pasangannya. Penyebabnya mulai dari kehilangan alasan untuk mencintai pasangan hingga merasa hubungan sudah “stuck” alias tidak memiliki tujuan”. Katanya

Namun, apakah mungkin untuk mengembalikan rasa cinta yang hilang i Kondisi itu tidak akan berubah kecuali secara aktif berupaya diubah.

Nah, ada beberapa upaya yang bisa dilakukan untuk mengembalikan rasa cinta yang hilang  terhadap pasangan dalam pernikahan.

1. Realistis

Setiap orang tentunya ingin merasakan bunga-bunga cinta yang sama seperti ketika baru membina hubungan. Namun sadarilah bahwa kehidupan terus berubah dari waktu ke waktu.

Dalam perjalanannya, banyak hal yang mungkin terjadi. Kendati demikian, bisa jadi hal itu karena kamu belum mengenal betul pasanganmu dan tidak pernah membayangkan hubungan tersebut akan terjadi dalam jangka panjang.

So, apakah bisa rasa cinta yang hilang bisa  dikembalikan? Hal ini Bergantung pada definisi “jatuh cinta” itu sendiri.

Beberapa terapis menilai fase jatuh cinta akan menghilang, tetapi menghilang di sini artinya ada harapan perasaan itu tergantikan dengan perasaan yang semakin dalam dan saling memiliki.

BACA JUGA: Kok Bisa Sih Cowok Dibutakan Cinta?

2. Rasa Penasaran

Coba deh tengok dan kembali pasanganmu. Mungkin saja rasa cinta yang hilang di antara dirimu dan pasangan terjadi karena tak pernah lagi saling penasaran terhadap hidup masing-masing.

Jadi, jangan ragu menanyakan ketika ada hal yang ingin kamu ketahui dari pasanganmu. “Ketika orang-orang mulai memahami posisi dia, maka dia akan cenderung mengambil pilihan yang berbeda,” kata Major.

3. Prioritaskan Hubungan

Saat kamu dan pasangan menjalani hubungan jangka panjang lewat sebuah pernikahan, kita mungkin kehilangan rasa kegembiraan.

Seiring berjalannya waktu, rasa yang ingin kita dapatkan berubah menjadi keamanan dan kenyamanan.

“Beberapa di antaranya agak membosankan, tetapi kita harus memelihara hubungan seperti kita melakukan hal lain,” kata Moyle.

Menurut dia, agar rasa cinta bisa kembali, hubungan bersama pasangan harus selalu mendapatkan prioritas. Jika terasa ada jarak, kamu harus membangun “jembatan” untuk menyambung jarak tersebut.

BACA JUGA: Jangan Gegabah Bila Sedang Mabuk Cinta

4. Mengenal Lebih Dalam

Seringkali rasa cinta yang hilang  dalam pernikahan dipicu  kekecewaan dan sedikit penolakan.

Mungkin ada momen-momen di mana salah seorang membutuhkan dukungan namun yang didapatkan justru penolakan yang menimbulkan sedikit kekecewaan.

Mengenal pasangan lebih jauh menjadi cara untuk  menemukan cinta dalam pernikahan.

BACA JUGA: Pelajaran Berharga Pasca Cinta Bubar Jalan

5. Terbuka

Agar rasa cinta yang hilang, bisa kembali  pastikan komunikasi tetap terbuka. Luangkan waktu rutin untuk saling berbincang tanpa terganggu hal apapun, seperti gawai atau kesibukan lainnya.

Perbincangan bisa berupa diskusi formal, kencan di malam hari, atau sekadar berjalan bersama di taman.

Ingat gaes, tak ada kata telat untuk mengupayakan kembalinya rasa cinta yang hilang.   (Sbg/Rig)

Comments