Rasa Bahagia
(Sumber gambar: www.1life.co.za)

Sabigaju.com – Semua orang tentu menginginkan kebahagiaan. Sebab saat kita bahagia, segala hal menjadi menyenangkan. Nah, pemicu rasa bahagia itu juga bisa muncul dari mana saja, bahkan dari makanan.

Ini artinya, makanan yang masuk ke mulut kita bukan hanya untuk menghilangkan rasa lapar menghilang hingga membuat kenyang tapijuga a bisa menimbulkan rasa bahagia.

Bagaimana sebenarnya keterkaitan usus otak dan rasa bahagia? Simak ulasannya berikut ini

BACA JUGA: Makanan yang Membuat Bahagia Menurut Para Ahli 

Otak, Usus dan Rasa Bahagia

Lewat sebuah penelitian sebuah hal sederhana mengemuka bahwa, pola makan yang buruk akan berpengaruh negatif pada usus yang akhirnya memicu depresi dan kecemasan. Ini berarti kamu tidak boleh meremehkan pengaruh makanan bagi kondisi emosi kita.

Perlu diingat, tidak semua kondisi depresi terkait dengan kondisi usus. Depresi sendiri bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Walau begitu, kaitan antara mental dan kesehatan usus terkait erat.

Para ilmuwan telah mengungkap kaitan tersebut sebagai gut-brain axis alias sistem komunikasi atau koneksi antara sistem pencernaan dengan otak kita. Koneksi terdiri dari saraf-saraf, hormon, dan sistem imun yang menghubungkan sistem pencernaan dan otak.

Salah satu makanan yang memengaruhi mood kita adalah probiotik dan prebiotic. Jenisnya antara lain bakteri yang ditemukan dalam makanan yang difermentasi seperti yogurt, kefir, atau kombucha. Jenis makanan lain yang tak kalah penting adalah serat.

BACA JUGA: Mengapa Cewek Cinta Banget Sama Cowok yang Hobi Memasak?

Piramida Pola Makan

Dunia kedokteran modern juga mempercayai bahwa hampir semua penyakit peradangan dimulai di usus, termasuk diabetes, arthritis, penyakit jantung, hingga gangguan mental.

Lantas, apa yang bisa kita lakukan untuk mendukung mikroba baik di usus? Mulailah dengan mengubah pola makan jadi lebih sehat.

Nah lewat sebuah ilustrasi sederhana di bawah ini kamu dapat menerapkan pola makan sehat yang dapat memicu munculnya rasa bahagia.

Rasa Bahagia
(Sumber: Created By Scott Anderson for National Geographic)

BACA JUGA: Potensi Kematian Dini dan Panjangnya List Makanan Olahan 

Dari ilustrasi tersebut kamu harus memperbanyak asupan sayur, buah, dan sumber serat. Asupan serat akan masuk ke usus kecil dan usus besar untuk memberi makan mikroba sehat.

Konsumsi ikan. Kandungan asam omega-3 dalam ikan akan mengurangi inflamasi.Batasi makanan mengandung gula karena makanan manis adalah makanan bakteri patogen. – Konsumsi makanan yang difermentasi setiap hari, seperti yogurt. –

Dengan mengikuti skema piramida pola makan yang sehat ini plus rutin berolahraga , selain mood kita lebih baik, rasa bahagia jadi bonusnya. (Sbg/Rig)

Comments