Sabigaju.com – Bukti kehadiran komunitas Islam di Rusia dapat dilihat dari banyaknya masjid indah yang dibangun di Rusia, khususnya di kota-kota besar dan di wilayah yang mayoritas penduduknya beragama Islam seperti di Republik Tatarstan, Republik Baskhortostan, dan Republik Kaukasus Utara.

Berdasarkan hasil survey nasional tahun 2012, jumlah Muslim di Rusia mencapai 9.400.000 orang atau 6.5% dari total populasi dan jumlah ini diperkirakan akan terus meningkat hingga 30% dari total populasi pada tahun 2030

Berikut adalah beberapa masjid indah pilihan  Albatrostrip yang dapat kamu kunjungi di Rusia pasca pandemi corona mereda nanti:

BACA JUGA: Melongok Stasiun Metro yang Indahnya Bak Istana di Moscow

1. Moscow Cathedral Mosque

Pada awalnya Masjid ini dibangun pada tahun 1904, tetapi kemudian dihancurkan pada tahun 2011 dan dibangun kembali dari awal.

Masjid yang berlokasi di Ibukota Rusia, Moscow ini menyandang gelar sebagai masjid tertinggi di Eropa. Masjid ini mampu menampung sekitar 10.000 orang.

Masjid Indah Moscow Cathedral Mosque di Rusia
(Foto: Instgram.com/moscow_cathedral_mosque)

Masjid indah ini memiliki  6 lantai dengan gaya bangunan Byzantium dan interior dinding-dindingnya dipenuhi dengan tulisan-tulisan kaligrafi yang indah.

Masjid ini juga dilengkapi perpustakaan dan ruangan eksebisi yang memamerkan artefak-artefak yang erat kaitannya dengan sejarah Islam.

BACA JUGA: Segera Ajukan E-Visa dan Nikmati Pesona St. Petersburg

2. The Great Mosque of St. Petersburg

Masjid yang dibangun pada tahun 1909-1920 ini merupakan salah satu masjid terbesar di Rusia bagian Eropa dan dapat menampung sekitar 5.000 orang.

Masjid Indah The Great Mosque of St. Petersburg di Rusia
(Foto: Instagram.com/islamic.decor)

Masjid indah ini memiliki kubah berwarna biru langit menawan dan memiliki menara setinggi 49 meter ini, dibangun untuk mengakomodir keperluan ibadah komunitas muslim di St Petersburg yang sudah mencapai 8.000 orang pada tahun 1921.

Masjid yang berlokasi di pusat kota St. Petersburg ini dapat terlihat jelas dari Sungai Neva yang termasyur.

3. Bulgar Mosque

Masjid indah ini terletak di kota Kazan, wilayah Republik Tatarstan ini sekilas bentuk bangunannya mirip dengan Taj Mahal di India, sehingga seringkali disebut oleh masyarakat lokal Karan Taj Mahal.

Masjid Indah Bulgar Mosque di Rusia
(Foto: Instagram.com/ninobeg)

Selain memiliki halaman yang indah, masjid ini juga masuk ke dalam daftar UNESCO World Heritage. Apabila anda berkunjung kesini, anda dapat melihat Al Quran terbesar di dunia yang didekorasi dengan berbagai permata.

Al Quran tersebut memiliki berat 800 kilogram, sehingga dibutuhkan setidaknya 16 orang untuk memindahkan Al Quran tersebut.

4. Lala Tulpan

Masjid indah Lala Tulpan ini berlokasi di kota Ufa, wilayah Republik Baskhortostan ini merupakan salah satu masjid yang menjadi simbol budaya Islam di Rusia karena masjid ini menggambarkan sejarah peninggalan Muslim di Rusia.

Masjid Indah Lala Tulpan
(Foto: Instagram.com/sezaigulec)

Masjid ini merupakan salah satu masjid yang memiliki menara kembar tertinggi di Rusia, yaitu sekitar 53 meter. Masjid yang dibangun antara tahun 1990 dan 1998 ini dinilai besar karena mampu menampung hingga 1000 orang pada satu saat yang bersamaan.

Masjid ini dinamakan Lala Tulpan karena menara masjid ini memiliki bentuk seperti bunga tulip yang berkembang.

BACA JUGA: Menikmati Kunjungan Virtual ke Museum Kelas Dunia di Rusia

5. The Kul Sharif of Kazan

Masjid indah ini terletak di kota Kazan wilayah Republik Tatarstan dan pernah dihancurkan pada abad ke 15 oleh pasukan the Grand Prince of Russia, Ivan the Terrible.

Nama Masjid Kul Sharif ini diberikan untuk menghormati imam besar yang berjuang mempertahankan kota Kazan.

Masjid Indah The Kul Sharif of Kazan di Rusia
(Foto: Instagram.com/_ksu_bogdanova_)

Masjid yang dibangun kembali pada tahun 1996 ini dinilai memiliki menara masjid terbanyak di Rusia. Setidaknya masjid ini memiliki 6 menara dan masing-masing dari menara tersebut memiliki tinggi hingga 55 meter.

Selain dinobatkan sebagai World Heritage Site pada tahun 2000 karena sarat peninggalan sejarah dan budaya etnis Tatar, masjid ini juga menjadi kawasan museum Islam dan terletak di dalam komplek kremlin Kazan. (Sbg/ Mhr/Rig)

Comments