kegiatan Menyenangkan
Sejak lama , mendengarkan musik merupakan kegiatan menyenangkan dan menjadi favorit begitu banyak cowok di dunia ini. (Foto Pixabay)

Sabigaju.com – Bisa dikatakan mendengarkan musik merupakan kegiatan menyenangkan dan menjadi favorit begitu banyak cowok dan bahkan yang bisa, menenangkan hati saat sedang kalut binti gundah gulana.

Kegiatan menyenangkan ini telah lama dikenal manusia dan digunakan untuk berbagai keperluan hiburan, seperti pengobatan, mengobarkan semangat, bahkan menidurkan bayi.

Tak jarang saat kita mendengarkan musik tanpa sadar kita bisa kita ikut menyenandungkan lagu yang sedang didengar terlebih bila lagu atau band-nya adalah favorit.

Dan lewat kecanggihan teknologi yang terus berkembang, kegiatan menyenangkan ini  semakin dimanjakan oleh akses langsung dan cepat untuk mengkonsumsi musik yang baru rilis.

Fasilitas streaming, pembelian musik online dan situs yang menayangkan video musik merupakan gaya hidup baru bagi penikmat musik.

BACA JUGA: Menguak Rahasia Khasiat Lagu Religi di Bulan Ramadhan

Mendengarkan Musik di Bulan Ramadhan

Nah kegiatan menyenangkan ini mendapatkan porsi lebih di bulan Ramadhan seperti sekarang ini.

Tak heran bila saking menikmati musik bisa membuat kita jadi asyik sendiri hingga lupa waktu.

Tahu-tahu waktu berbuka pun perlahan tiba. Tapi sebagai seorang muslim yang taat,mungkin kita kerap bertanya sendiri: “Sebenarnya bagaimana ya hukum mendengarkan musik atau bahkan bernyanyi di bulan suci?

Subjek musik dalam Islam adalah hal yang rumit. Beberapa orang mengartikan bahwa Alquran melarang musik karena menyesatkan manusia dari jalan Allah.

Kendati demikian, sebagian lagi menafsirkan bahwa Alquran tidak melarang musik. Memang musik tidak pernah disebut haram.

BACA JUGA: Nissa Sabyan, Gadis Imut yang Menyentuh Hati Penggemar lewat Salawat

Musik  yang Baik di Bulan Ramadhan

Jadi intinya disini selama kegiatan menyenangkan lewat mendengarkan musik tidak  mendorong kita untuk berbuat maksiat , maka hukumnya tidak haram atau kalau dalam konteks Ramadhan alias tidak membatalkan puasa.

Selain itu saat kamu melakukan kegiatan menyenangkan ini,  baiknya tidak dilakukan dengan berlebihan sehingga melalaikannya perkara yang diwajibkan, seperti : sholat, mengingat Allah maupun kewajiban lainnya.

Karena apabila gara-gara musik kita juga melupakan tiang agama islam tersebut, musik pun juga menjadi haram hukumnya.

Untuk itu ,se baiknya kegiatan menyenangkan ini bisa kamu lakukan dengan mendengarkan musik religi.

Sebab genre tersebut adalah genre musik paling hits di bulan Ramadhan hingga hari raya Idul Fitri mendatang.  (Sbg/Mrv)

Comments