Mencuci Mobil
Di musim hujan ini para pemilik mobil harus ekstra perhatian terhadap mobil kesayangannya untuk segera mencuci mobil usai terguyur hujan. rFoto: Unsplash)

Sabigaju.com – Di musim hujan seperti saat ini, pastinya mobil kesayangan kita mudah menjadi kotor.  Untuk itu kita harus ekstra perhatian nih  untuk mencuci mobil kita  bila  sudah terguyur hujan.

Nah, buat kamu yang memiliki mobil, usai terguyur hujan, baiknya kamu tidak malas untuk mencuci mobil kesayangan.

Ada beberapa alasan kenapa kamu harus mencuci mobil kamu usai terguyur hujan, berikut ulasannya.

BACA JUGA:

Jamur dan Kerak Bikin Mobilmu Jelek

Kita tentu sepakat membiarkan air hujan kering sendiri bisa mengendapkan berbagai kandungan di dalamnya. Ini akan menimbulkan permasalahan jangka pendek maupun kerusakan jangka panjang pada tiap bagian mobil. Khususnya bodi atau permukaan mobil, kaca, dan kolong mobil.

Mencuci mobil usai terkena air hujan perlu dilakukan lantaran ir hujan itu mengandung asam, mineral dan lain sebagainya. Jadi butuh dibilas lagi agar tidak cepat timbul bercak seperti Selain itu sebagian besar air hujan juga bercampur dengan kotoran, tanah, pasir atau debu.

Mencuci Mobil
(Foto: Unsplash)

Apabila tidak buru-buru dibilas dan dikeringkan, campuran kotoran yang dibiarkan akan mempercepat timbulnya jamur, pun bisa menempel dan menimbulkan kerak.

Zat asam dan kandungan bawaan air hujan yang terlanjur kering juga perlahan bakal menimbulkan korosi dan memudarkan warna cat sehingga tampilan mobil tampak kusam.

Nah, kalau tidak dibersihkan maka air hujan yang sudah mengendap sampai menimbulkan bercak ataupun kerak akan semakin sulit dihilangkan. Akibatnya, membilas kotoran-kotoran yang telanjur melekat ini sering kali berisiko membaret mobil.

Perhatikan Kaca dan Bagian Bawah Mobil

Selain bodi mobil, air hujan yang dibiarkan mengendap pada kaca juga bisa membuat jamur bertumbuh sangat cepat. Lalu, akan timbul korosi dan karat di pinggiran kaca film.

Bahayanya, kaca film yang bermasalah bisa semakin membatasi visual pengendara terutama saat hujan atau berkendara malam hari.

mencuci Mobil
(Foto: Unsplash)

Selain itu, saat mencuci mobil, kamu harus memperhatikan juga area kolong mobil yang biasanya terkontak langsung dengan air hujan dan genangan air di jalan.

Usahakan agar  tidak membiarkan tumpukan kotoran menempel terlalu lama di logam-logamnya. Segera bersihkan kolong mobil kotor sebelum 24 jam usai melalui genangan air.

Kotoran dan air yang bertumpuk di kolong mobil dapat memicu timbulnya korosi, sehingga logam-logam menjadi berkarat dan keropos. (Sbg/Rig)

Comments