makeup

Sabigaju.com – Membeli makeup tanpa melihat langsung atau mencobanya terlebih dahulu mungkin dirasa kurang memuaskan. Oleh sebab itu, banyak wanita yang lebih memilih untuk belanja langsung ke store dibanding beli online, karena di store biasanya disediakan produk tester sehingga kita bisa mengaplikasikannya langsung dan mendapatkan produk yang paling cocok untuk kulit baik dari segi bahan maupun warna.

Meski dijamin bisa mendapat produk yang paling cocok setelah mengaplikasikan tester-nya langsung, namun Anda harus waspada akan bahaya yang mengintai di balik produk tester tersebut.

Bahaya Dari Makeup Tester

Produk tester tersebut memang sengaja disediakan untuk dipakai oleh para pengunjung. Tapi, pakai alat bantu maupun tidak, kemungkinan besar produk tersebut sudah terkena kuman dari satu orang ke orang lainnya. Bisa dibilang, mencoba produk tester di store sama saja dengan memakai makeup bekas.

Kebiasaan tersebut mungkin terlihat sepele, apalagi Anda juga bisa berdalih karena tidak setiap hari melakukannya. Padahal tetap saja, kemungkinan dampak buruknya bagi kesehatan Anda tetap ada.

Sebagai contoh, saat Anda mencoba eyeshadow atau primer mata. Itu berpotensi mengakibatkan konjungtivitas yang bersifat menular. Mata Anda bisa jadi kemerahan, gatal-gatal, bengkak, dan berair. Lipstik pun bisa memberikan dampak yang sama. Jika lipstik dipulas langsung dari bibir ke bibir, Anda bisa terjangkit virus herpes yang mengakibatkan mulut pecah-pecah, lecet, bahkan melepuh.

Cara Aman Mencoba Makeup Tester

Beberapa merk kosmetik mungkin sudah mewaspadai hal ini, tapi Anda pun harus berjaga-jaga. Tidak ada salahnya Anda mempertanyakan kehigienisan produk tester yang tersedia di toko mereka. Selain itu, Anda juga bisa mengantisipasinya sendiri, kok!

Untuk produk seperti eyeshadow atau lipstik yang jelas-jelas pasti sudah pernah dipakai orang lain, seka bagian atasnya dengan tisu kering terlebih dahulu sebelum Anda pakai. Sedangkan untuk produk seperti lip liner maupun eyeliner yang berbentuk pensil, sebaiknya sebelum dipakai, Anda raut dulu bagian ujungnya.

Hal ini juga berlaku jika Anda meminjam kosmetik milik orang lain, bahkan sekalipun itu orang dekat seperti kakak, adik, maupun sahabat Anda. Demikian pula saat Anda hendak dirias oleh makeup artist dengan peralatan kosmetik miliknya, serta saat membeli kosmetik preloved alias second-hand.

Alangkah baiknya jika Anda tidak berbagi makeup dengan orang lain, namun apabila Anda rasa itu tak mengapa, setidaknya pastikanlah kehigienisan makeup yang Anda kenakan itu agar kulit wajah Anda tetap sehat. (Sbg/Ftr)

Comments