Planet Bumi
Seiring meningkatnya kesadaran orang terhadap lingkungan sejumlah produsen sneakers mulai memproduksi produk sneakers yang ramah terhadap lingkungan Planet Bumi. (Foto: inhabitat.com)

Sabigaju.com – Planet bumi semakin tua dan rusak. Ini enggak terjadi gitu aja, tapi karena tangan manusia. Pengrusakan dilakukan demi keuntungan mereka. Atau jangan-jangan, kamu salah satu pelaku yang tidak pernah mencintai bumi?

Coba sebut, apa aja yang udah kamu lakukan untuk Planet Bumi yang kita diami ini? Untuk buang sampah pada tempatnya aja kadang sulit ya.

Perilaku mencintai Planet Bumi ini bisa dilakukan dengan cara apa aja kok, Sob. Bahkan dengan cara membeli sesuatu yang ramah lingkungan, tapi enggak kalah kerennya.

BACA JUGA:

Gaya Hidup Ramah Lingkungan

Yup, kampanye untuk menyelamatkan Planet Bumi ini memang udah menjamur ke berbagai aspek, bahkan gaya hidup alias  lifestyle sekalipun. Nah, baru-baru ini, ada beberapa sneakers yang katanya ramah lingkungan. Kayak apa tuh?

Planet Bumi
(Foto: Instagram Yatay)

FYI, sneakers yang selama ini kamu pakai bisa saja sangat merugikan lingkungan. Misalnya pembelanjaan energi yang besar selama proses produksinya atau pemanfaatan bahan baku yang merusak lingkungan. Belum lagi limbah yang dibuang juga merugikan banyak ekosistem laut ataupun darat.

Akhirnya, beberapa pihak menemukan solusi untuk menanggulanginya, yakni dengan sustainable dan vegan sneakers. Sustainable artinya sneakers ini berasal bahan baku yang didaur ulang atau bahkan bisa didaur ulang, sedangkan vegan sendiri bahan bakunya berasal dari produk yang ramah lingkungan.

Ramah Lingkungan dan Tetap Stylish

So then, apakah kemudian style dan desainnya akhirnya dikorbankan? Tentu enggak dong. Selain ramah lingkungan, sepatu ini tetep stylish dan bikin kamu makin gaya.

Misalnya aja kayak Yatay. Kamu bakal dibuat kagum karena tali sepatu kerennya terbuat dari rami katun organik, sol yang kuat terbuat dari bahan baku plastik polimer, dan bagian permukaannya terbuat dari bahan baku recycle.

(Foto: Instagram yatay)

Dan, kalau kamu membeli sepasang sepatu ini, artinya kamu menyumbanh satu bibit pohon untuk ditanam di hutan demi penghijauan ulang. Wow!

Harga sepatu Yatay ini sih lumayan, Sob. Yakni berkisar Rp3,8 juta. Yaaa, demi planet bumi tercinta ini, kenapa engga sih?

Sneaker Ramah Lingkungan Lainnya

Tapi kalau kamu mau yang lebih murah, ada nih merek Tretorn dari Swedia. Sneakers ini dibuat dengan sangat ramah lingkungan karena bahan bakunya. Penggunaan air pada produksinya juga di bawah rata-rata.

Harganya terjangkau, yakni Rp550 ribuan. Tapi kamu harus sabar ya, karena sepatu ini masih dalam proses rancangan.

Planet Bumi
(Foto: Instagram tretorn)

Masih banyak Sob, sneakers yang ramah lingkungan. Pasalnya, Adidas juga pernah membuat sepatu dari bahan limbah plastik di lautan. Nah artinya, tindakan mencintai bumi ini bisa kamu lakukan dengan cara apapun.

Tinggal kamunya aja nih, mau apa enggak berpartisipasi menyelamatkan Planet Bumi? (Sbg/Dinda)

 

Comments