(Foto: Unsplash)

Sabigaju.com – Mencintai diri sendiri penting dilakukan pada masa pandemi sekarang ini agar kamu tidak mudah stres dan depresi, meningkatkan fungsi kekebalan tubuh, serta meningkatkan motivasi seseorang.

Mencintai diri sendiri juga mengajarkan kita untuk menerima dan lebih menghargai diri kita sendiri, agar kita dapat lebih positif menjalani hidup di masa pandemi ini

Ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mencintai diri sendiri saat pandemi in, sambil menunggu kepastian kapan bisa kembali beraktivitas dengan normal.

BACA JUGA: Smiling Depression, Kondisi Depresi di Balik Topeng Bahagia

1. Jangan Minta Dikasihani Orang Lain

Orang yang mencintai dirinya cenderung lebih memahami apa yang mereka pikir, rasa dan ingin.

Mereka tahu seperti apa dirinya dan bertindak bermodalkan pengetahuan itu, bukan bertindak atas kemauan orang lain.

Mungkin kamu sedang sedih atau merasa kesepian di tengah physical distancing. Cobalah bersikap optimistis dan percaya pada diri sendiri bahwa kamu mampu menghadapi pandemi ini dengan baik, bahkan kamu bisa menebar kebaikan di sekitar dengan beramal.

Jangan pernah mengiba dan minta untuk dikasihani oleh orang lain jika kamu ingin mencintai diri sendiri.

2. Kedepankan Kebutuhan bukan Keinginan

Dengan tetap fokus pada apa yang dirimu butuhkan, kamu akan mengurangi atau meninggalkan pola perilaku otomatis yang membuatmu terjebak masalah, terjebak di masa lalu, dan mengurangi rasa cinta-diri sendiri.

BACA JUGA: Mitos Soal Kebahagiaan yang Tidak Harus Kamu Pusingkan

3. Merawat Diri dengan Baik

Kamu akan lebih menyukai diri sendiri, ketika Anda merawat dan memenuhi setidaknya kebutuhan dasar dirimu sendiri.

Kamu akan menyukai diri  lebih ketika mampu menetapkan batas atau mampu mengatakan tidak untuk pekerjaan, cinta, atau kegiatan yang menguras atau merugikanmu secara fisik, emosional dan spiritual.

Orang yang mencintai dirinya sendiri akan makan makanan bergizi, berolahraga, menjaga kebersihan diri dan lingkungan tidur cukup, memelihara keintiman dan interaksi sosial yang sehat.

4. Lakukan Hobimu

Kamu tak bisa hidup untuk menyenangkan orang lain baik untuk teman-temanmu atau pacarmu. Lalu kamu berharap untuk menjadi bahagia. Kamu harus punya sesuatu yang bisa membuatmu senang sendiri. Misalnya tekuni hobimu.

BACA JUGA: 

5. Lindungi Diri Sendiri

Bawalah hanya orang yang tepat ke dalam lingkaran terdekatmu. Ada orang-orang berlabel teman tapi mereka, dengan banyak cara, mengambil kesenangan dari rasa sakitmu, dari kelemahanmu.

Singkirkan mereka. Tak perlu merasa tak enak membuang mereka yang mengambil sinar kebahagiaan dari wajahmu.

Meninggalkan teman-teman yang membawa pengaruh negatif mungkin sulit karena mereka adalah teman-temanmu.

Namun coba pikirkan kesehatan mental dan jiwamu. Lebih baik sedikit teman tapi membuatmu gembira, daripada banyak teman tapi malah membuat hidupmu memburuk, apalagi teman-teman yang suka mengeluh dan negative thinking.

Salah satu cara mencintai diri sendiri adalah lebih memikirkan kesehatan mental kita daripada bersama teman-teman yang membawa pengaruh negatif.

Kamu pantas untuk mencintai dan menghormati dirimu sendiri dan mereka tidak layak mendapat penghormatan itu. (Sbg/Rig)

Comments