Kehilangan
Raut kesedihan dan kehilangan yang begitu mendalam nampak terlihat di wajah Susilo Bambang Yudhoyono (SBY saat kepergian Ani Yudhoyono(Foto: Instagrams usilobambangyudhoyonofans)

Sabigaju.com – Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan keluarga terdekatnya tentu menjadi orang yang paling kehilangan dengan kepergian Ani Yudhoyono

SBY, bahkan dikabarkan tak pernah sehari pun meninggalkan Ani di Singapura. Kita bisa menyaksikan kepedihannya ditinggal orang terkasih di beberapa media dan berita televisi. Ia beberapa kali menangis dan menunjukkan raut muka sedih yang mendalam.

Ini tentu saja akan terjadi pada siapa saja yang kehilangan orang terkasih. Bersedih pasti, tapi kita harus tetap bisa menata hati setelahnya. Bagaimana caranya?

Menurut situs Pyscom, seseorang yang ditinggal oleh orang terkasihnya akan mengalami beberapa gejala psikologis, seperti:

Histeris, denial dan syok
Bingung
Distraksi dan depresi
Ketakutan dan cemas
Marah
Menyesal, merasa bersalah dan menyalahkan
Sedih
Tak bisa memaafkan
Kalibrasi dan re-patterning (membentuk pola pikir ulang)
hingga akhirnya ikhlas dan lapang dada.

Untuk mengatasi kondisi emosional di atas, kamu perlu melakukan beberapa hal sebagai berikut

BACA JUGA: 

Ribuan Orang Hantar Jenazah Ani Yudhoyono Ke Tempat Peristirahatan Terakhir 

Take time

Ambil sedikit waktu untuk kamu menyalurkan kesedihanmu. Kamu mungkin akan denial, tapi memang inilah kenyataannya.

Kamu harus membuka mata untuk menerima kenyataan. Kamu mungkin akan membutuhkan waktu sendiri, but that’s okay. Just take your time.

Hormati Dia yang Meninggalkanmu

Kamu bisa honoring this one dengan memberikan donasi pada mereka yang biasa diberikan oleh dia yang meninggalkanmu.

Mintalah doa pada mereka agar mendiang bisa diterima dengan baik di sisi Tuhan.

BACA JUGA: Bukan Keluarga atau Kesehatan, Berikut Hal yang Membuat Pria Bahagia 

Eat things they loved

Pasalnya, ini membuat kamu merasa dekat dengan mendiang. Cobalah makan makanan kesukaannya saat kamu rindu pada dia. Mungkin bisa membantu.

Take Trip

Setelah melewati fase kesedihan di awal, kamu akan merasa bahwa life must go on. Kehidupan kamu akan tetap berlangsung.

Untuk memulainya, kamu mungkin mencoba untuk melakukan perjalanan menenangkan dan menyenangkan. Ini demi distraksi yang baik.

Sendiri atau dengan orang terdekat juga boleh. Disarankan agar kamu tak memilih destinasi yang memiliki kenangan dengan mendiang terlebih dulu ya.

Tetap Aktif

Jangan berlarut terus pada kesedihan. Kamu bisa menyibukkan diri dengan aktivitas agar perhatian kamu teralih. Asalkan aktivitas ini positif ya.

BACA JUGA: Resiko Patah Hati itu Menyiksa dan Bisa Membunuhmu

Try Something New

It will be fun! Coba cari sesuatu yang baru untuk bisa kamu jalani. Misalnya saja ikut kelas masak. Hm, is it a good idea?

Ambil Pelajaran

Satu lagi cara menghormati mendiang, yakni mengambil pelajaran dari kehidupan mereka.

Kamu bisa melakukan hal yang sama baiknya dengan mereka. Atau jalani hidup sehat agar kamu bisa terhindar dari penyakit yang menggerogoti kehidupan mereka.

Ini mungkin sulit, tapi baik dilakukan untuk hidup kamu di masa yang akan datang. Jadi, coba mulai sekarang ya. (Sbg/Dinda)

Comments