Seorang Pria sedang Menari
(Foto: Unsplash.com)

Sabigaju.com – Hari ini Rabu 29 April 2020. Masyarakat dunia dan pecinta seni merayalkan Momen Hari Tari Internasional. Ada begitu banyak penari maupun koreografer kondang yang akan menari bersama secara online atau daring di hari ini . Mereka menari dari rumah dan sanggar masing-masing seharian secara bergantian mulai pagi hingga sore.

Di Indonesia sendiri menari merupakan kebiasaan yang tak lepas dari budaya masing-masing daerah. Hampir setiap suku di Indonesia memiliki budaya menari yang begitu indah.

Itu sebabnya di Indonesia pandangan menari tidak lekat dengan kaum cewek semeata. Sebab Banyak cowok yang justru mampu menjadi seorang penari berkualitas.

Nah, ada sejumlah alasan mengapa para lelaki harus menjadikan aktifitas ini sebagai bagian dari gaya hidup sehat. Berikut ulasannya

BACA JUGA: Puasa, Waktu Tepat Menerapkan Gaya Hidup Sehat 

1. Membuat Jantung Jadi Sehat

Menari adalah aktifitas fisik yang serupa n serupa dengan kegiatan kardio lainnya yang memacu kebugaran.

Hampir semua gaya tarian menghasilkan latihan kardio yang hebat dan detak jantungmu tertantang karena melakukan berbagai gerakan.

Risiko kematian akibat penyakit jantung bisa diminimalisir dengan cara mudah, yakni menari. Fakta ini berdasarkan penelitian sejumlah ilmuwan di Inggris.

2. Menyehatkan Otak

Menari meningkatkan fungsi otak pada berbagai tingkatan.

Sebuah penelitian terbaru menunjukkan bagaimana berbagai jenis latihan memungkinkan penari untuk mencapai kinerja puncak dengan memadukan proses berpikir otak dan kognitif dengan memori otot dan ‘proprioception’ yang diadakan di otak kecil.

Siapapun yang teratur menggabungkan beberapa jenis tarian setidaknya sekali seminggu, dapat memaksimalkan fungsi otaknya.

BACA JUGA: Dirumahkan Saat Pandemi, Waktunya Asah Keterampilan! 

3. Meredakan Stress

Gerakan tari yang berlangsung setidaknya 20 menit dapat menurunkan kecemasan, stres, hingga depresi karena mampu menstimulasi produksi hormon endorfin di otak.

Hormon endorfin merupakan senyawa kimia yang dapat membuat seseorang merasa senang dan juga meningkatkan kekebalan tubuh.

Selain mempengaruhi hormon endorfin, menari juga menjadi salah satu pilihan terapi alternatif yang dapat ‘mengisi’ energi positif dalam jiwa.

4. Membuat seseorang Lebih Kreatif

Ngedance jua merupakan salah satu cara menyenangkan untuk mengembangkan kemampuan komunikasi, teknik pemecahan masalah, dan keterampilan berpikir kreatif dan kritis bersama dengan kemampuan kinestetik.

Kegiatan ini pada dasarnya adalah pencapaian artistik yang memungkinkanmu mengekspresikan ide kreatif.

BACA JUGA: Clubbing Online Pilihan Pas Buat Saat Pandemi Corona

5.  Meningkatkan Kehidupan Seksual

Menari tidak hanya membuat tubuhmu jadi keren dan bugar, tetapi juga memiliki manfaat untuk meningkatkan kehidupan seks bersama pasangan.

Yah, aktifitas menyenangkan ini bila sering dilakukan bersama pasangan, benar-benar mampu meningkatkan kehidupan seks.

Gerakan-gerakan cepatnya bisa memperkuat otot-otot yang paling banyak digunakan saat kamu bercinta dengan pasangan. Tak hanya itu, menari juga membuat tubuh rileks, lentur dan meningkatkan kepercayaan diri.

Kalo memang begitu banyak  manfaat yang bisa di yuk, Jadlkan menari sebagai bagian dari gaya hidup sehat kita (Sbg/Rig)

Comments