Aplikasi Winamp
Aplikasi Winamp bakal hadir kembali di tahun 2019. Lantas apakah Aplikasi Winamp bakal menggeser posisi Spotify, Joox ataupun iTunes? (Foto: Mywinamp.com)

Sabigaju.com – Banyak dari kita yang tentunya masih mengingat dengan aplikasi Winamp. Layanan pemutar media yang populer di tahun 2000-an ini berencana kembali ke industri perangkat lunak dengan format baru.

Winamp awalnya merupakan aplikasi pemutar musik  yang diluncurkan oleh sebuah perusahaan kecil bernama Nullsoft. Diperkenalkan pertama kali pada 1997, Winamp merupakan software music player yang dapat dikustomisasi tampilannya sesuai keinginan pengguna.

Nah, rencana kembalinya Winamp ini diungkap langsung oleh perusahaan yang membeli Winamp pada 2014 silam, yakni Radionomy. Winamp dengan format baru dikabarkan akan dirilis pada 2019 mendatang.

Lantas, seperti apa tampilan ataupun keunggulan dari versi terbaru Winamp ini?

Keunggulan Versi Terbaru Aplikasi Winamp

Dalam versi barunya, Winamp dikabarkan akan diluncurkan sebagai aplikasi pemutar musik all-in-one baik untuk desktop maupun smartphone.

Menurut CEO Radionomy, Alexandre Sanoundjian, Winamp versi baru juga akan mendukung kemampuan streaming musik hingga podcast sehingga akan menjadi pengalaman tunggal yang dapat ditelusuri untuk semua audio dari sumber yang berbeda.

BACA JUGA:

“Akan ada versi yang benar-benar baru di tahun depan. Dengan warisan besar yang dimiliki Winamp tapi disertai pengalaman mendengarkan musik yang lebih lengkap,” ungkap Sanoundjian.

“Anda tidak hanya akan bisa mendengarkan musik yang Anda miliki di rumah, tapi juga musik di awan (streaming), podcast, streaming radio, dan daftar lagu yang telah Anda buat,” lanjutnya.

Kendati demikian Sanoundjian enggan untuk menjelaskan lebih rinci seperti apa Winamp baru ini sesungguhnya. Ia pun tak memberi keterangan apakah aplikasi Winamp akan terintegrasi dengan Spotify, Apple Music, atau platform lain untuk menghadirkan layanan streaming.

Dikutip dari The Verge, Selasa (16/10/2018), Sanoundjian juga tidak menyebutkan lebih rinci kapan tanggal dan bulan Winamp versi baru ini akan diluncurkan. Winamp sendiri pertama kali dirilis pada tahun 1996.

Aplikasi Winamp Terbaru Bakal Kalahkan Spotify dan iTunes?

Pada Desember 2013 Winamp sempat mengucapkan salam perpisahan pada para penggunanya. Aplikasi Winamp kalah bersaing dengan pemutar musik lainnya, termasuk layanan streaming musik Spotify yang mulai menggurita.

Di tahun 2014 Radionomy kemudian membeli Winamp dan memberinya sedikit nafas. Tetapi setelah itu aplikasi Winamp seolah hilang dari peredaran. layanan Winamp dapat diakses 60 ribu stasiun radio internet.

Versi terakhir Winamp yang dirilis bertahun-tahun silam adalah Winamp 5. Besar kemungkinan versi baru yang akan dirilis tahun depan akan mengusung nama Winamp 6.

Lantas akankah hadirnya Winamp dalam versi terbaru bakal menggulung posisi Spotify dan iTunes? (Sbg/Rig)

Comments