Laga perdana Piala Dunia 2018 akan menyuguhkan pertandingan antara tim Tuan rumah Rusia yang akan menghadapi Tim Nasional Arab Saudi. (Foto: Instagram)
Laga perdana Piala Dunia 2018 akan menyuguhkan pertandingan antara tim Tuan rumah Rusia yang akan menghadapi Tim Nasional Arab Saudi. (Foto: Instagram)

Sabigaju.com – Para pecinta sepakbola di berbagai penjuru dunia kini tengah menanti detik-detik kick off Piala Dunia 2018.

Adapun dalam laga perdana yang akan berlangsung pada Kamis (14/6) akan dibuka oleh pertandingan antara tim tuan rumah, Rusia melawan Arab Saudi di Stadion Moskow Luzhinki, pukul 22.00 WIB.

Laga tersebut dipastikan bakal berlangsung cukup sengit. Selain akan bertanding dengan Arab Saudi, tuan rumah Rusia juga akan menghadapi Mesir, dan Uruguay di Grup A Piala Dunia 2018.

Trend Buruk Rusia Akan berlanjut di Piala Dunia?

Bila berkaca pada peringkat FIFA, Rusia adalah tim dengan peringkat FIFA paling rendah. Negara tersebut menduduki peringkat 70. Sementara tim wakil Asia Arab Saudi berada di posisi ke-67.

Rusia tengah dihantui tren buruk usai belum pernah menang sekalipun dalam tujuh pertandingan uji coba internasional terakhir, termasuk empat laga di tahun ini.

Dilansir laman Soccerway, dari tujuh laga itu, Rusia hanya meraih hasil imbang saat melawan Iran, Spanyol, dan Turki, serta kalah atas Argentina, Brasil, Perancis, dan Austria. Bahkan, tiga kekalahan terakhir diderita secara beruntun.

Rusia mencicipi kemenangan terakhir pada laga persahabatan melawan Korea Selatan pada 7 Oktober 2017. Berlangsung di VEB Arena, Moskva, Rusia menang dengan skor meyakinkan 4-2, kendati dihiasi dua gol bunuh diri pemain Korea Selatan, Kim Joo-Young.

Raihan buruk ini tentu saja juga menyudutkan sang nahkoda, Stanislav Cherchesov. Sejumlah media Rusia menyerang dirinya dengan kritik keras. Laman Gazetta.ru menyebut Cherchesov memiliki inkonsistensi aneh, dalam hal pemilihan pemain dan formasi. Tak kalah pedas, Sergei Titov dari Championat.ru menulis bahwa Cherchesov kesulitan menemukan formasi.

Rekor Cherchesov semenjak ditunjuk sebagai pelatih kepala Rusia pada Agustus 2016 sedianya cukup memprihatinkan. Ia hanya mampu mengemas lima kemenangan, enam hasil imbang, dan 10 kekalahan.

Arab Tanpa Beban

Arab Saudi bisa tampil tanpa beban. Sejak undian fase grup di lakukan beberapa waktu yang lalu, tim yang mewakili Asia ini memang sama sekali tak diunggulkan. Status itu bisa membuat mereka tampil lepas.

Pelatih Juan Antonio Pizzi telah bereksperimen secara keseluruhan dengan starting eleven dalam pertandingan persahabatan. Tapi dia diharapkan kembali ke pemain berpengalaman di sini.

Pencetak gol tertinggi tim nasional Mohammad Al-Sahlawi adalah salah satu pemain yang diabaikan di sebagian besar pertandingan persahabatan. Dia bisa mendapatkan namanya sebagai starting eleven sebagai striker tunggal dengan mengorbankan Muhannad Assiri yang tidak efektif. (Sbg/Rig)

Comments