Luapan kegembiraan para punggawa  The Citizens usai menang di babak penalti saat menghadapi Leicester City. (Foto Facebook Manchester City)
Luapan kegembiraan para punggawa  The Citizens usai menang di babak penalti saat menghadapi Leicester City. (Foto Facebook Manchester City)

Sabigaju.com The Citizens,  julukan bagi Manhester City berhasil melalui partai berat melawan Leicester City di perempat final Piala Liga Inggris.

The Citizens bahkan harus menjalani adu penalti ketika menghadapi Leicester City di perempat final Piala Liga Inggris. City menang adu penalti 4-3 dan maju ke semifinal.

Laga yang berlangsung di King Power Stadium, Rabu (20/12) dinihari WIB, terpaksa berlanjut hingga adu penalti karena Leicester dan City berimbang 1-1 selama 120 menit. Claudio Bravo jadi pahlawan usai jadi penentu di adu penalti.

City, yang menurunkan para pemain pelapisnya, unggul lebih dulu melalui gol Bernardo Silva di menit ke-26. Tapi, ketika laga sudah memasuki injury time dan kemenangan City ada di depan mata, Leicester menyamakan kedudukan melalui penalti Jamie Vardy.

Dalam adu penalti ini, City menang 4-3. Gagalnya eksekusi Jamie Vardy dan Riyad Mahrez jadi penentu kelolosan The Citizens.

Sengitnya Babak Pertama

City mendapatkan peluang emas pada menit ke-20 ketika umpan silang Ilkay Guendogan justru mengarah langsung ke gawang Leicester. Tapi, kiper Leicester Ben Hamer mementahkan bola keluar lapangan.

Dari sepak pojok yang didapat City, Tosin Adarabioyo punya kesempatan mencetak gol. Namun, sundulannya masih melenceng dari sasaran.

City memimpin 1-0 pada menit ke-26 lewat gol yang diciptakan Bernardo Silva. Gol tersebut diawali dari serangan balik cepat yang dipimpin oleh Guendogan, Silva langsung berhadapan dengan Hamer setelah mendapatkan umpan terobosan. Tanpa kesulitan, Silva menyarangkan bola ke dalam gawang Leicester.

Giliran Leicester mengancam gawang City di menit ke-34. Tim tamu beruntung karena Claudio Bravo masih bisa menepis tembakan Kelechi Iheanacho.

City banyak ditekan oleh Leicester di sisa babak pertama. Namun, hingga peluit turun minum ditiup wasit, Tehe citizens unggul 1-0.

Babak kedua City Balik Ditekan

Pada babak kedua, Leicester berusaha meningkatkan intensitas serangan mereka. Mahrez dan Vardy pun dimainkan.

Masuknya dua pemain itu membuat serangan-serangan Leicester lebih berbahaya. Namun, tim tuan rumah tak mendapatkan banyak peluang bersih dan hingga akhir waktu normal City masih unggul.

Tapi, di menit keenam injury time, Leicester mendapatkan hadiah penalti menyusul pelanggaran Kyle Walker terhadap Demaray Gray. Vardy yang jadi eksekutor penalti sukses menaklukkan Bravo untuk menyamakan skor menjadi 1-1.

Extra Time Berlanjut ke Babak Penalti

Gol Vardy tersebut memaksa laga berlanjut ke extra time. Di menit-menit awal extra time, City mendapatkan peluang lewat Gabriel Jesus, tapi sundulan penyerang asal Brasil itu diamankan dengan baik oleh Hamer.

Menjelang berakhirnya babak pertama extra time, City dapat peluang lainnya. Tendangan bebas Yaya Toure mengarah ke gawang, tapi Hamer dengan sigap menangkapnya.

Leicester sempat mengancam melalui tembakan voli Vardy. Namun, tembakan Vardy terlalu lemah dan dengan mudah diamankan oleh Bravo. Peluang terakhir juga gagal dimaksimalkan oleh Toure. Tembakannya dari luar kotak penalti dengan mudah diantisipasi oleh Hamer.

Penentuan pemenang akhirnya harus dilakukan melalui adu penalti. Dalam adu penalti ini, City menang 4-3.

Keempat eksekutor City; Guendogan, Toure, Lukas Nmecha, dan Gabriel Jesus, sukses menjalankan tugasnya. Di kubu Leicester, Vardy dan Mahrez yang jadi dua penendang terakhir malah gagal. Tembakan Vardy melenceng, sedangkan eksekusi Mahrez berhasil ditepis Bravo.

Laga Lain di Piala Liga Inggris

City menjadi tim kedua yang lolos ke semifinal setelah Arsenal, beberapa saat lalu. Arsenal lolos setelah menang 1-0 atas West Ham United di Stadion Emirates.

Dua laga perempat final lain baru akan berlangsung pada Rabu (20/12/2017) atau Kamis dini hari WIB. Chelsea akan berhadapan dengan AFC Bournemouth di Stamford Bridge pukul 02.45 WIB.

laga lainnya adalah Bristol City – satu-satunya tim non-Premier League di perempat final – akan menjamu Manchester United di Stadion Ashton Gate. Laga ini dimainkan pukul 03.00 WIB.

Empat tim pemenang akan bermain pada semifinal yang memberlakukan sistem laga kandang dan tandang pada 9-10 dan 23-24 Januari 2018. Undian semifinal akan dilakukan seusai perempat final hari kedua.(Sbg/Rig)

Comments