Sabigaju.com – Ketika seseorang hendak menikah, bukan hanya ia yang sibuk mempersiapkan diri untuk jadi calon pengantin, para sahabatnya pun pasti sibuk memikirkan mau kasih kado apa, mau hadir ke acaranya pakai baju apa, dan mau bridal shower yang bagaimana. Ya, dewasa ini bridal shower seakan telah menjadi bagian dari serangkaian ritual jelang pernikahan.

Bridal shower pada dasarnya merupakan sebuah perayaan yang dipersembahkan para sahabat untuk calon pengantin yang akan segera melepas masa lajang. Cara merayakannya pun kian berkembang seiring berjalannya waktu.

Sahabat Anda akan menikah dalam waktu dekat ini? Berencana membuat bridal shower untuknya? Ini sederet persiapan yang harus Anda lakukan!

Persiapan Untuk Membuat Bridal Shower

1. Buat list undangan

Mungkin calon pengantin tidak hanya memiliki satu circle pertemanan, mungkin Anda juga tahu beberapa temannya dari circle lain. Pertimbangkanlah untuk mengajak mereka bergabung dalam bridal shower yang Anda rencanakan. Mengingat calon pengantin pun pasti disibukkan dengan persiapan lain, alangkah baiknya kalau acara ini diefektifkan, kan?

2. Tentukan budget

Diskusikan dengan teman-temannya yang lain, yang sudah bersedia untuk bergabung merencanakan bridal shower ini, mengenai biaya yang harus dikeluarkan per orang. Coba cari informasi dengan bertanya-tanya pada orang yang berpengalaman melaksanakannya, mengenai total biaya yang dibutuhkan. Bisa juga Anda mulai survei harga berbagai kebutuhan seperti lokasi, kue, dekorasi, dan snack. Perkiraan total budget ini nantinya akan jadi acuan untuk menentukan biaya per orangan.

3. Pilih tema

Idealnya tema bridal shower ini mencerminkan kepribadian calon pengantin. Bisa berdasarkan pada hobi, profesi, atau hal-hal kesukaannya yang lain seperti warna. Kamu bisa tanyakan pendapat dari teman-teman lain yang akan hadir di acara tersebut, barangkali kumpulan ide dari semuanya akan membentuk satu pesta yang benar-benar sesuai dengan kepribadian sahabat kalian. Tema yang dipilih nantinya juga akan mempengaruhi dekorasi seperti apa yang digunakan, dan tentunya juga menyesuaikan dengan budget yang telah ditentukan sebelumnya.

4. Cari tempat

Setelah memilih tema, selanjutnya adalah memilih tempat. Mana lokasi yang sekiranya sesuai dan memungkinkan bagi kalian untuk mengeksekusi rencana tersebut, serta sesuai dengan budget yang dipersiapkan. It’s OK mengadakannya di tempat ramai tapi pertimbangkan juga untuk memilih tempat yang memungkinkan kalian bisa mendapatkan private space, ya! Tidak jarang, bridal shower ini jadi momen penuh haru. So, jangan sampai salah pilih tempat.

5. Kapan?

Usahakan untuk tidak melaksanakannya terlalu berdekatan dengan hari-H. Sebulan atau dua bulan sebelumnya sepertinya cukup aman, sebab Anda juga harus mempertimbangkan kesibukan serta kebutuhan pribadi si calon pengantin.

Lima hal di atas adalah persiapan paling mendasar saat Anda ingin membuat sebuah bridal shower. Selanjutnya, jangan lupa buat susunan acaranya agar para tamu tidak bosan, ya! (Sbg/Ftr)

Comments