Memelihara Jenggot
Bagi pria masa kini memelihara jenggot atau brewok pada wajah dianggap sebagai penampilan yang up to date alias kekinian. (Foto: Pexels)

Sabigaju.com – Beberapa tahun terakhir ini ada yang berubah dari penampilan para pria di Kota Jakarta, terutama di bagian wajah. Kini umumnya pria di Jakarta gemar memelihara jenggot.

Yup, memelihara jenggot atau memiliki brewok pada wajah dianggap sebagai penampilan pria yang up to date alias kekinian.

Namun, tak banyak dari kita yang paham dan tahu harus berbuat apa saat memelihara jenggot. Sehingga jenggot pun dibiarkan tumbuh begitu saja, tanpa ada gaya padahal sebenarnya dapat membuat penampilan lebih menarik.

Lantas bagaimana sebenarnya cara kita melakukan perawatan jenggot? Baca artikel ini sampe tuntas ya sob.

BACA JUGA:

Hal Penting Saat Merawat Jenggot

Sama seperti rambut di kepala, ketika kamu memelihara jenggot pun harus dirawat agar bisa mendukung penampilan.

Berikut beberapa hal standar yang bisa kamu lakukan untuk merawat jenggot agar membuat penampilan lebih menarik.

1. Biarkan Tumbuh Dulu

Bila kamu ingin memanjangkan jenggot, biarkan ia tumbuh terus selama sebulan pertama. Biarkan jenggot tumbuh menjadi liar dulu.

Tahanlah keinginan untuk cepat-cepat membentuknya atau memangkasnya. Saat jenggot sudah tumbuh 1 cm atau 1,5 cm lebih, kamu baru bisa mulai membentuknya.

Para pemula umumnya melakukan kesalahan dengan terburu-buru membentuknya. Bila sudah salah, Anda perlu waktu berminggu-minggu atau berbulan-bulan untuk membetulkannya.

2. Rutin Membersihkan

Kamu harus rutin mencuci jenggot dan memberinya pelembap supaya kulitmu terasa lebih nyaman.

Sebab jika kamu memelihara jenggot namun, tidak rutin membersihkannya mungkin kulit akan merasakan gatal di tengah lebatnya jenggot kamu.

Cucilah jenggotmu dengan shampo, setidaknya dua kali seminggu. Selain itu, gunakan pula conditioner agar jenggot kamu tidak kasar.

Memangkasnya secara teratur juga penting, agar tidak berantakan.

3. Rawat dengan Alami

Kamu harus rutin menjaga kelembapan jenggot. Meskipun ada banyak produk pelembap di pasaran, namun, salah satu yang terbaik adalah produk dengan minyak kelapa.

Minyak ini alami, wanginya enak, mudah dibersihkan, dan memiliki tambahan semua nutrisi yang kamu butuhkan untuk saat memelihara jenggot.

4. Disisir

Saat kamu memelihara jenggot agar selalu tertata dengan rapi maka harus menggunakan bantuan sisir kecil. Sisir juga dapat membuat berewok yang terlihat kasar menjadi lebih halus dan rapih pastinya.

Menyisir setiap hari tidak hanya akan membuat rambut yang membandel lebih tertata tapi juga memastikan mereka tumbuh ke arah yang benar.

5. Jangan Lupa Jaga Kebersihan Mulut

Rambut di sekitar mulut rentan terkena bakteri maupun kuman. Jika tidak dijaga kebersihannya, bisa menularkan kuman atau penyakit ke diri sendiri maupun orang lain misalnya lewat sentuhan, saat makan atau ketika berciuman dengan pasangan.

Maka dari itu sangat penting untuk menjaga kebersihan di area mulut. Gosok gigi dua kali sehari, berkumur setelah makan dan rajin-rajinlah merapikan rambut di area tersebut.

Nah, dengan rutin melakukan lima hal tadi pasti deh penampilan kamu makin hot dengan jenggotmu yang terawat. Cobain sob! (Sbg/Rig)

Comments