Sabigaju.com – Sebuah Foto Joko Widodo (Jokowi) sedang naik ojek seketika menjadi viral di Sosial Media, foto orang nomor satu di Indonesia itu di Posting oleh akun @pesantrenku.

Akun @Pesantrenku tersebut menulis keterangan foto yang di postingnya dengan kalimat "Membayangkan" kejadian saat itu: mobil Presiden saat sedang mogok,”ketika para ajudan sedang sibuk memperbaiki mobil presiden yang sedang mogok tiba-tiba pak @jokowi pelan-pelan menuju pangkalan ojek,” kata keterangan dalam foto itu.

Saat akun tersebut menuliskan,”Membayangkan” kejadian saat itu.membuat Sabigaju melakukan penelusuran kecil akan foto tersebut.
Hasilnya, foto tersebut adalah foto lama yang beredar di tahun 2012.

Foto Joko Widodo kala menjabat Gubernur DKI Jakarta . Subekti/Tempo

Foto ini dipotret oleh seorang wartawan Tempo bernama Subekti, pada 2012. Ketika itu Joko Widodo yang masih menjabat sebagai gubernur Jakarta menumpang sepeda motor warga akibat terperangkap kemacetan. Dalam laporan foto yang dirilis Tempo disebutkan bahwa Jokowi hendak menghadiri acara pernikahan kerabatnya di kawasan Mampang, Jakarta.

Di tahun 2014 foto tersebut kembali beredar luas di dunia maya dengan kontroversi seputar kritik yang mempertanyakan Jokowi yang tidak mengenakan helm dan kesederhanaan sosok Joko Widodo.

Sayangnya ratusan akun yang mengunggah foto tersebut di tahun 2014 sama sekali tidak mencantumkan nama wartawan Subekti sebagai sang fotografer dari foto tersebut.

Hal yang sama kembali terjadi lagi saat berbagai media nasional hingga media gosip yang membahas foto itu dengan menampilkan judul berita yang lebay dan berlebihan tanpa mencantumkan nama sang fotografer. Ironisnya media-media tersebut malah menampilkan nama akun Instagram sebagai sumber dari foto karya Subekti tersebut. (Sbg/ rig)

Comments