Kepercayaan yang Telah Rusak
(Sumber Foto: LovePanky)

Sabigaju.com – Dalam menjalin hubungan sosial entah itu pertemanan, persahabatan, bisnis, dan bahkan dengan pasangan, yang namanya kepercayaan (trust) harus terjalin satu sama lainnya. Itu sebabnya Kepercayaan yang telah rusak sangat sulit diperbaiki.

Demikian pula dalam hubungan asmara, jika rasa trust antar pasangan hilang, lama-kelamaan hubungan yang terjalin bakal dingin bahkan bubar lantaran kepercayaan yang telah rusak.

Nah, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan oleh pasangan untuk membangun kembali kepercayaan yang telah rusak agar hubungan bisa kembali harmonis.

Bicara Terus Terang

Untuk membangun kepercayaan yang telah rusak. Kamu harus berbicara terus terang kepada pasangan

Memang sangat sulit rasanya untuk mengungkapkan secara terus terang kepadanya mengapa kita sudah tidak terlalu mempercayai dirinya lagi. Umumnya kita melakukan ini agar tidak menyakiti hatinya dan makin memperkeruh suasana.

Tidak salah cara tersebut. Namun ingat! Sesakit-sakitnya kita akan mengeluarkan pendapat atau keluh kita, itu jauh lebih baik daripada harus berbicara dengan penuh kepura-puraan.

Karena dengan berterus terang walau mungkin nantinya akan semakin memperpanjang konflik, hal ini jauh lebih baik agar kiat dan dia bisa saling mengoreksi dan introspeksi satu sama lain.

Umumnya, setelah melakukan curhat hati ke hati ini, walau perlahan, percayalah bahwa kepercayaan itu akan kembali lagi.

BACA JUGA: Sudah Punya Pasangan, Kok Merasa Kesepian? Awas Potensi Kematian

Jangan Saling Menyalahkan

Hal lain yang bisa kamu lakukan untuk membangun kepercayaan yang telah rusak adalah dengan menganut prinsip tidak saling menyalahkan

Walau memang mungkin adalah dia yang salah, namun ada baiknya kita mengalah saja untuk menang. Nantinya lama-kelamaan, kalau memang dia orang yang “normal”, pastinya akan mengakui kesalahannya yang telah merusak lingkaran kepercayaan (circle of trust) yang dimiliki berdua.

Namun kalau memang kita yang jelas-jelas salah, maka akui saja secara gentlemen dan kemudian salinglah memaafkan.

BACA JUGA: Nih, Arti Posisi Bobok dengan Pasangan yang Perlu Kamu Tahu

Saling Membuka Akses Pribadi Satu Sama Lain

Maksudnya disini, apabila kita memang sangat berniat untuk membangun kembali kepercayaan dengan dirinya, maka coba untuk saling mengizinkan untuk melihat akses kontak yang dimiliki satu sama lain.

Mau itu SMS, nomor kontak yang dihubungi atau chat di WA atau media sosial lain, intinya coba relakan agar satu sama lain bisa melihatnya. Memang tidak nyaman dan faktanya melanggar batas privasi.

Tapi untuk kasus ini, langkah ini mau tak mau harus ditempuh. Dan biasanya, langkah ini selalu mujarab untuk mengembalikan kepercayaan yang telah rusak.

BACA JUGA: Hal-hal yang Bisa Membuat Pria Tidak Lagi Mencintai Pasangannya

Menghabiskan Waktu di Tempat Kenangan

Meski langkah ini agak sedikit sulit dilakukan terlebih saat kamu dan pasangan sedang perang dingin.

Namun, langkah ini jsangat dianjurkan untuk dmembangun kembali kepercayaan yang telah rusak.

Dengan membawa pasanganmu ke tempat pertama kali dulu kenalan, jadian, atau mentraktirnya ke tempat atau hobi yang ia senangi, akan membuat dirinya langsung membaik.

Dengan begitu, kamu bisa meminta maaf, dan membuat komitmen kepercayaan baru satu sama lainnya.

BACA JUGA: Apa saja Hal Non Seksual yang Bisa Bikin Pasanganmu Tergila-Gila? 

Bersabar

Bersabar adalah kunci dari segala masalah yang kita hadapi. Pun saat kamu berusaha membangun kembali kepercayaan yang telah rusak.

Ingat! Membangun kembali sebuah komitmen atau kepercayaan, bukanlah hal yang bisa langsung dilakukan sekejap mata saja.

Perlu keyakinan dan kepastian yang amat sangat untuk membuat kita dan dirinya bisa saling percaya lagi satu sama lain.

Namun, bukan berarti kita tidak konstan untuk memperjuangkannya. Lakukan semaksimal yang kita bisa dan serahkan semua akhirnya ke yang maha kuasa. (Sbg/Rig)

Comments