Membaca Al Quran
(Foto: Freepik.com)

Sabigaju.com – Sebagai muslim membaca Al-Quran adalah sebagai kewajiban dan kebutuhan yang penting di Bulan Ramadhan.

Dengan membaca Al-quran, yang berisi berbagai solusi dan petunjuk kehidupan, tentunya bukan hanya menjadi hal yang dibaca secara tekstual, melainkan dibaca untuk dipahami dan diaplikasikan dalam kehidupan manusia.

Kamu akan menemukan khazanah islam yang sangat mendalam dengan membaca Al-Quran. Dan tentu akan semakin mendalami ilmu-ilmu lain seperti ekonomi, pendidikan, keluarga, pasangan, ilmu pengetahuan alam semesta., tentang akhirat, dan lain sebagainya.

BACA JUGA:  Gaya Hidup Sehat Rasulullah Tetap Relevan Hingga Saat Ini

Waktu-waktu terbaik membaca Al Quran

Membaca Al Quran di pagi hari sebelum memulai beraktivitas sangat baik bagi kesehatan tubuh. Ibaratnya tubuh ini mendapat asupan energi bergizi dan semangat dari membaca Al Quran dengan bersuara. Sel-sel tubuh terbarui dengan maksimal untuk menjalankan tugasnya seharian itu.

Waktu lain yang sangat baik untuk membaca Al Quran dengan bersuara adalah di malam hari. Saat tubuh terasa lelah dan butuh istirahat, maka bacaan Al Quran menjadi pelipur penat untuk memberi suntikan nutrisi bagi sel-sel yang diajak beraktivitas seharian tadi.

Selain itu malam hari suasana sekitar juga terasa lebih tenang dan hening dibandingkan dengan hingar-bingarnya siang hari.

Aplikasi Al Quran Digital

Berkat kecanggihan teknologi, kini kamu bisa membaca Alquran di mana pun dan kapan pun lewat aplikasi smartphone.

Bahkan, kamu bisa mengetahui terjemahannya. Berikut ini aplikasi Alquran gratis yang layak kamu instal di smartphone.

BACA JUGA: Askıda Ekmek, Tradisi Mulia dari Negeri Turki

1. Al Quran Indonesia

Aplikasi Alquran ini dilengkapi dengan terjemahan Bahasa Indonesia dan audio mp3 murottal full, 114 surah atau 30 juz tanpa pembatasan.

Menariknya, Al Quran Indonesia bisa dibaca secara offline dan tampilan antarmukanya pun user friendly dan intuitif.

Apps Alquran_indonesia
(Sumber: Apps Alquran_indonesia)

 

Kamu pun bisa membaca Alquran dengan mode layar landscape atau portrait. Juga tersedia tema terang dan gelap alias dark mode.

Untuk memudahkan penggunaan, aplikasi besutan Andi Unpam ini juga memungkinkan kamu melihat kata per kata terjemahan berdasarkan dari Arabic-nya ke Bahasa Indonesia.

2. Quran for Android

Sesuai namanya, aplikasi ini dikhususkan untuk perangkat berbasis Android. Beberapa fitur yang ditawarkan Quran for Android antara lain pemutaran audio, bookmark, menandai, dan berbagi.

Apps Quran for Android
(Foto: Apps Quran for Android)

Ada juga mode malam serta terjemahan/interpretasi yang mendukung lebih dari 20 bahasa berbeda.

Ditambah ada lebih dari 15 resitasi audio dengan dukungan fitur highlighting (ketuk layar untuk membuka audio toolbar).

BACA JUGA: Perhatikan Ini Sebelum Membeli Takjil di Tengah Pandemi

3. Al’Quran Bahasa Indonesia

Lewat aplikasi ini kamu bisa membaca Alquran dalam Bahasa Indonesia. Tersedia pula warna tajwid untuk membantu membacanya, namun hanya dua surah pertama yang tersedia dalam versi gratis.

Al Quran Digital

(Sumber: Seconda Variante)

Aplikasi Al’Quran Bahasa Indonesia juga sangat intuitif. Kamu cukup geser dari kiri ke kanan untuk menuju surah sebelumnya atau dari kanan ke kiri untuk menuju surah berikutnya.

Platform Islami besutan pengembang Seconda Variante ini juga menyediakan fitur audio dan memungkinkan kamu  menjelajahi berbagai surat dan ayat..

Jangan lupa untuk membaca Al Quran di Bulan Ramadhan ini yah gaes. (Sbg/Rig)

Comments