Otak Pria
Otak berfungsi untuk mengatur dan mengkoordinir sebagian besar gerakan, perilaku, dan fungsi dari tubuh homeostatis. Oleh karena itu, otak harus dijaga kesehatannya. (Foto: Unsplash)

Sabigaju.com -Otak pria adalah salah satu organ yang berfungsi sebagai pusat pengaturan dan terdiri dari 100  juta sel saraf (neuron).

Otak berfungsi untuk mengatur dan mengkoordinir sebagian besar gerakan, perilaku, dan fungsi dari tubuh homeostatis. Oleh karena itu, otak harus dijaga kesehatannya.

Bukan rahasia jika pria banyak menjadi ilmuwan dalam beragam disiplin ilmu. Beberapa ilmuwan terkenal antara lain Albert Einstein, Alessandro Volta, Alfred Nobel, Benyamin Franklin dan masih banyak lainnya.

Mereka menjadi pintar karena pintar pula dalam menjaga kesehatan otaknya. Berikut ini adalah waktu yang tepat untuk menjaga kesehatan otak.

BACA JUGA:

 

Ragam Waktu yang Tepat untuk Beraktivitas

Jam 7.00-9.00 adalah waktu terbaik otak untuk meningkatkan gairah dan semangat. Hal ini telah dikatakan oleh ahli saraf dari Rockefeller University.

Selain itu, menurut peneliti Inggris menyatakan bahwa kadar oksitosin pada pria akan berangsur-angsur menurun seiring berjalannya waktu.

Jam 9.00-11.00 merupakan waktu yang baik untuk kreativitas bagi otak. Hormon kortisol yang dimiliki otak pada waktu tersebut sangatlah cukup. Hal ini dapat membantu para pria untuk dapat memfokuskan pikiran dan hal ini tidak dipengaruhi oleh usia berapapun.

Otak Pria
(Foto: Unsplash)

Jam 11.00-14.00 merupakan waktu otak untuk melakukan tugas yang sulit. Pada waktu tersebut hormon melatonin menurun tajam sehingga tubuh pria siap untuk mengerjakan pekerjaan yang sulit dan keras.

Jam 14.00-15.00 ialah waktu yang tepat untuk beristirahat. Hal ini dikarenakan tubuh sedang mencerna makan siang dan tubuh menarik darah dari otak ke perut sehingga oksigen yang menuju ke otak sedikit berkurang dan membuat mengantuk. Istirahatlah sebentar agar tidak mengantuk.

Rentang Waktu Beraktivitas dari Siang ke Malam Hari

Jam 15.00-18.00 adalah waktu terbaik bagi otak pria untuk kolaborasi. Pada pukul ini, otak pria umumnya sudah mulai lelah. Untuk mengatasinya adalah melakukan kolaborasi dengan rekan kerja atau melakukan kegiatan yang berbeda.

Jam 18.00-20.00 saat yang baik untuk otak melakukan tugas-tugas pribadi. Penelitian menemukan bahwa pada pukul ini otak sudah mulai masuk ke dalam tahap pemeliharaan, ialah ketika produksi melatonin masih berada di level rendah.

Otak Pria
(Foto: Pexels)

Jam 20.00-22.00 merupakan waktu otak untuk bersantai. Waktu ini sangat baik untuk bersantai dikarenakan terjadinya transisi dari kondisi terjaga menjadi mengantuk. Hal ini disebabkan kadar hormone melatonin meningkat.

Diatas jam 22.00 ialah waktu yang tepar untuk tidur. Pada waktu ini adalah waktu istirahat malam dan tidur, pengaturan cahaya dapat membantu otak untuk beristirahat.

Otak Pria Lebih Baik Menjalankan Tugas Tunggal

Menurut penelitian yang dilakukan terhadap 949 otak pria dan wanita, hasilnya ditemukan bahwa otak pria memiliki hubungan yang lebih baik antara bagian depan dan belakang .

Otak Pria
(Foto: Pexels)

Dengan kata lain, otak pria memiliki kemampuan yang lebih baik dalam mencerna informasi serta menggunakannya untuk menjalankan tugas. Otak pria lebih baik dalam menjalankan tugas tunggal, seperti membaca peta.

Otak Pria juga memiliki aktivitas yang intens pada bagian-bagian otak tertentu, terutama bagian cerebellum, yang mampu mengontrol kemampuan motoriknya. Dengan demikian, pria lebih baik dalam melakukan aktivitas seperti berlari, berenang serta parkir mobil. (Sbg/Vania)

Comments