Sabigaju.com – Berbagai stasiun metro di Moscow dibangun begitu indah dan memiliki design dengan ragam tema yang unik dan penuh cerita sejarah, seperti tema Revolusi Soviet, Perang Dunia II, dan Space Race.

Setidaknya terdapat 9 juta orang yang menggunakan stasiun metro di Moscow setiap harinya, sehingga menjadikan metro di Moscow sebagai salah satu yang tersibuk di dunia.

Selain  sebagai terminal untuk naik alat transportasi yang memudahkan mobilitas warga Moscow, berbagai stasiun metro juga digunakan sebagai tempat tujuan wisata yang tidak akan pernah membosankan.

Berikut adalah 5 stasiun metro di Moscow rekomendasi dari Albatrostrip yang wajib dikunjungi saat  mengunjungi Moscow, Rusia:

BACA JUGA: Meriahnya Deretan Festival di Rusia ini Bisa Anda Nikmati!

1. Stasiun Ploschad Revolutsyii

Stasiun ini merupakan salah satu stasiun metro paling populer di Moscow. Sebagian interior stasiun metro ini pada awalnya dibangun pada tahun 1938 untuk keperluan entertainment.

Namun demikian, rencana tersebut diubah saat pembangunan, dan diputuskan bahwa tema stasiun tersebut menjadi tema Revolusi Soviet 1917 untuk mendedikasikan pahlawan-pahlawan Revolusi Soviet.

Stasiun Metro
(Foto: Instagram.com/pamoian)

Stasiun ini dinilai sebagai masterpiece dari segi design interior dan memiliki 76 patung-patung perunggu seperti dengan berbagai karakter.

Ada model tentara, petani, pelaut, pekerja, dan berbagai jenis profesi lainnya yang dipahat oleh pematung ternama Uni Soviet, Alexander Dushkin dan Matvey Manizer.

Stasiun Metro
(Foto: Instagram.com/jasonyangshaobin)

Nah di stasiun ini terdapat Patung prajurit perunggu dengan seekor anjing di Stasiun Ploschad Revolutsyii.

Jika kamu berada di stasiun ini jangan lupa untuk menggosok hidung patung anjing tersebut yah gaes, konon kabarnya hal itu bisa membawa keberuntungan!

2. Stasiun Komsomolskaya

Stasiun Komsomolskaya dibuka pada tahun 1935 dan dipandang sebagai salah satu stasiun paling indah di Moskow dan memiliki kesan yang meriah dengan warna-warna yang elegan.

Stasiun Metro
(Foto: Instagram.com/mnb_skr)

Selain itu, stasiun ini menggambarkan kejayaan Uni Soviet dan cerita mengenai bangsa Rusia dalam meraih kemerdekaan dari era Rus kuno menuju era revolusi pada awal abad ke 20.

Cerita perjuangan kemerdekaan ini tergambarkan secara menarik melalui panel-panel interior stasiun yang terbuat dari kaca kobalt dan semi precious stones.

BACA JUGA: Spot Kece nan Instagramable Buat Wisata Malam di Jakarta 

3. Stasiun Arbatskaya

Stasiun ini selesai dibangun pada tahun 1953 dan memiliki gaya interior era zaman Barok. Stasiun ini menawarkan desain yang unik karena interior didesain dengan bentuk langit-langit yang melengkung, dihiasi dengan lampu-lampu gantung yang berbingkai perunggu yang indah.

Kamu juga bakal merasakan lantai marmer seperti karpet dan dilengkapi dengan pencahayaan dengan dekorasi vas dan bunga di dalam bingkai perunggu, saat menginjakan kaki di stasiun metro ini.

Stasiun Metro
(Foto: Instagram.com/valeryrogov)

Stasiun ini dibangun setelah terjadi peristiwa pemboman yang menghantam Moskow pada Perang Dunia II.

Untuk melindungi dari ancaman serangan bom yang serupa, maka pemerintah Uni Soviet memutuskan membangun stasiun metro ini hingga kedalaman 100 meter.

4. Stasiun Mayakovskaya

Stasiun ini Mayakovskaya merupakan salah satu stasiun tertua di Moskow, yang dibuka pada tahun 1938.

Stasiun Metro
(Foto: Instagram.com/ chato.lahoz)

Selain sebagai tempat perlindungan dari bom ketika Stalin memberikan pidato di pertemuan Moscow Congress of Deputies pada tahun 1941,  stasiun metro ini populer dengan dekorasi ornamen mosaicnya.

Ornamen di stasiun kereta ini menggambarkan mengenai berbagai kemajuan Uni Soviet di dalam bidang aviasi. Setidaknya terdapat 34 tema aviasi di dalam stasiun metro tersebut.

BACA JUGA: Serial Chernobyl, Sukses Tingkatkan Kunjungan Wisatawan

5. Stasiun Metro Kiyevskaya

Stasiun metro Kiyevskaya dibuka pada tahun 1954 untuk memperingati 300 tahun bersatunya bangsa Russia dan Ukraina.

Stasiun ini adalah Monumen yang  menggambarkan persatuan dua bangsa tersebut di dalam Uni Soviet.

Stasiun Metro
(Foto: Instagram.com/srengenheiro)

Plot cerita bersatunya dua bangsa tersebut tergambarkan secara unik melalui 18 dekorasi mosaic dengan motif-motif cerah di dalam interior stasiun.

Nah, mana dari lima stasiun metro di atas yang bakal kalian kunjungi untuk liburan di Rusia? (Sbg/Rig/Dcw)

Comments