Pangeran Harry dan Meghan Markle baru saja me dapat gelar baru usai menikah, yakni The Duke and Duchess of Sussex.

Sabigaju.comRoyal wedding telah usai. Namun warga dunia masih saja membincangkannya. Dari mulai dekorasi pernikahan, gaun, hingga kue pernikahan Pangeran Harry dan istrinya, Meghan Markle.

Gelar yang disandang keduanya juga tak luput dari perhatian. Kabarnya, Pangeran Harry dan Meghan Markle mendapat gelar Duke and Duchess of Sussex.

Baca juga: Bukan dengan Ayahnya, Meghan Markle Didampingi Pangeran Charles

Soal Gelar Kebangsawanan

Dalam jajaran kerajaan, Duke adalah gelar tertinggi kebangsawanan Inggris. Gelar ini biasanya diberikan untuk mereka yang adalah angkatan bersenjata, pendeta, pangkat atau gelar jabatan mendahului gelar kebangsawanan. (Kompas)

Seorang wanita yang menikahi Duke akan bergelar Duchess. Itu sebabnya Meghan mendapat gelar kebangsawanan Duchess of Sussex.

Sebetulnya, gelar Sussex sudah banyak diprediksi oleh publik mengingat gelar ini sudah lama sekali lowong. Pangeran pertama yang mendapat gelar ini adalah Pangeran Augustus Federick. Ia hidup pada tahun 1801-1843.

Baca juga: Bikin Ngakak, Cuitan Kocak Warganet Tentang Royal Wedding

Mengapa Meghan Markle menjadi wanita pertama bergelar Duchess of Sussex?

Dikutip Telegraph, kala itu hubungan Pangeran Augustus dengan seorang wanita tak direstui oleh pihak istana. Namun karena ia tetap menikah, wanita tersebut tak mendapat gelar Duchess dari Raja George III.

Beda halnya dengan Meghan Markle. Gelar Duchess of Sussex tetap diberikan padanya mengingat istana menyambut pernikahan mereka dengan hangat. Itu sebabnya Meghan Markle adalah wanita pertama bergelar Duchess of Sussex di Kerajaan Inggris.

Gelar Princess Henry of Wales juga disematkan pada Meghan Markle. Sayangnya, gelar Putri tak langsung disematkan pada namanya karena ia mendapat gelar ini dari pernikahan. (Sbg/Dinda)

Comments