Sabigaju.com¬†–¬†Siapa sekarang yang tak kenal media sosial Instagram? Setiap orang yang dengan mudah terhubung internet pasti mengenalnya. Tapi tahukah Anda bahwa media sosial seperti Instagram bisa menggganggu kesehatan mental Anda?

Data dari Huffington Post menyebutkan bahwa users rata-rata telah menghabiskan sekitar 50 menit untuk ber-Facebook dan Instagram ria. Durasi untuk bermedia sosial ini ternyata lebih lama 17 menit dari mereka yang berolahraga setiap harinya.

Padahal, kita sudah diingatkan bahwa aktivitas tersebut bisa meningkatkan risiko gangguan psikis. Jadi untuk Anda yang biasa menghabiskan dua jam per hari di depan gadget sembari bermain media sosial akan berisiko 2,7 kali mengalami depresi.

Nah, studi baru yang satu ini juga pasti akan mengejutkan Anda. Sebuah survey yang mengambil 1500 orang sebagai sampel menyebutkan bahwa Instagram adalah media sosial yang paling berbahaya bagi kesehatan mental. Instagram bisa meningkatkan risiko kecemasan, depresi dan gangguan tubuh lainnya. Mengapa?

Setiap orang yang mengakses Instagram biasanya akan membandingkan diri mereka dengan orang lain. Misalnya saja ketika Anda melihat feed seseorang yang lebih cantik, lebih kaya atau lebih langsing dari Anda. Otak akan secara otomatis menyimpan kecemasan karena hal tersebut.

Ancaman dari Instagram ini juga mengintai mereka yang berusia di atas 32 tahun. Menurut seorang ahli dari Harvard University bernama Emily Weinstein, setiap tahapan usia manusia akan bereaksi terhadap kecemasan yang disebut sebagai Insta-envy tersebut.

Lalu harus bagaimana jika Instagram bisa mengancam mental kita?

Untuk Anda yang merasakan hal serupa ada beberapa tips yang bisa Anda ikuti, seperti:

 

  1. Unfollow akun yang membuat Anda tak bahagia

Tanamkan pada diri Anda bahwa akun Instagram tersebut hanya bisa merusak mental Anda. Follow akun yang bisa membuat Anda tenang, misalnya saja foto pemandangan alam, atau mungkin sebagian Anda suka dengan dekorasi rumah yang nyaman.

 

  1. Follow akun yang punya efek positif bagi mental Anda

Misalnya saja akun meme lucu atau akun yang berisi info penting bagi kehidupan Anda.

 

  1. Yakinlah bahwa orang-orang di Instagram tidak benar-benar memposting kehidupan nyata mereka

Biasanya mereka yang sering mem-posting foto di Instagram hanya untuk menunjukkan eksistensi dirinya. Karena sebetulnya, mereka yang benar-benar bahagia tak perlu validasi dari orang banyak, bukan?

 

  1. Aktif berkomentar, like dan posting

Ternyata jika Anda sering aktif melakukan hal tersebut, Anda secara tidak langsung berpikir bahwa kehidupan Anda lebih baik dari orang-orang di sana. Jika Anda pasif bermedia sosial, biasanya Anda hanya akan menyimak aktivitas orang lain sembari berpikir sesuatu yang negatif.

 

  1. Five whys

Ya, teori five whys dari profesor psikologi bernama Oscar Ybarra ini ternyata cukup ampuh untuk Anda yang sering mengalami Insta-envy. Tanyakan pada diri, kenapa Anda suka membuka Instagram? Jika jawabannya tidak bahagia, tanyakan kembali, kenapa tidak bahagia? Dan seterusnya.

Itu dia beberapa sebab Instagram bisa mengancam mental Anda dan solusi terbaiknya. Bisakah dimulai dari sekarang? (Sbg/Dinda)

Comments
Tampilkan Lebih Banyak Artikel Terkait
Tampilkan Lebih Banyak faridsabi
Tampilkan Lebih Banyak Dalam Lifestyle
Komentar ditutup

Lihat juga

5 Hal Penting Agar Kembali Semangat Kerja Usai Libur Lebaran

Sabigaju.com – Libur panjang Lebaran bakal segera berakhir. Mayoritas pekerja pun ak…