(Foto: Freepik.com)

Sabigaju.com – Buat kamu yang ingin memulai investasi tapi masih ragu karena banyaknya resiko dalam berinvestasi ada baiknya kamu pelajari dulu nih sob profil risiko dalam berinvestasi.

Dalam dunia investasi ada tiga jenis investor yang dibedakan berdasarkan profil resikonya, mereka adalah karakter konservatif, moderat dan agresif.

Ketiga karakter ini ditentukan oleh tingkat toleransinya dalam menggunakan dana untuk berinvestasi atau sejauh mana ia dapat menanggung resiko dari jenis investasi yang ia pilih.

Berikut ini penjelasan lengkap soal tiga profil resiko dalam berinvestasi.

BACA JUGA: Merdeka dari Ancaman Resesi dan Kecamuk Pandemi

1. Konservatif

Buat para pemula dalam dunia investasi, karakter dan jenis investasi Konservatif bisa jadi langkah awal dalam memulai investasi yang cenderung aman.

Pasalnya, Investor konservatif cenderung menghindari resiko yang tinggi dan memilih untuk menjaga nilai pokok (modal) investasi mereka.

Karakter konservatif lebih menitik beratkan pada keamanan berinvestasi daripada keuntungan besar dengan resiko yang tinggi. Itulah mengapa hasil investasi karakter ini cenderung lebih rendah dibanding karakter yang lain.

Produk investasi yang sesuai dengan karakter konservatif adalah deposito, pasar uang, reksadana dan Obligasi.

BACA JUGA: Pilihan Sarana Investasi Terbaik Buat Para Cowok

2. Moderat

Jika karakter konservatif terlalu takut untuk mengambil resiko yang tinggi, karakter Moderat sanggup mengambil resiko medium risk taker atau resiko menengah.

Jenis karakter ini akan mempertimbangkan resiko dengan sangat teliti soal hasil dari investasinya.

Jadi karakter moderat cenderung lebih berani dalam mengambil resiko yang lebih besar tapi tetap berhati-hati dalam berinvestasi dan biasanya karakter ini akan membatasi jumlah investasi pada instrumen yang beresiko.

Contoh produk yang sesuai dengan karakter moderat adalah Reksadana pendapatan tetap dan reksadana campuran.

BACA JUGA: Please Jangan Babat Hutan Kami dengan Alasan Investasi

3. Agresif

Untuk karakter investasi jenis agresif biasanya merupakan seorang yang telah lama bergelut di dunia investasi, karakter agresif telah banyak mempelajari dan menguasai portofolio instrumen investasinya.

Oleh karena itu karakter agresif akan sangat berani dan cekatan dalam mengambil resiko karena menurut mereka keuntungan yang besar dan cepat dapat diperoleh dengan mengambil resiko yang tinggi atau high return high risk.

Jenis produk investasi karakter ini adalah Investasi pasar saham, reksadana saham dan investasi valas.

Itu dia tadi sob penjelasan tentang tiga karakter investor dalam berinvestasi. Jadi mulai sekarang kamu bisa menempatkan diri untuk menjadi jenis investor seperti apa,

Yang paling penting dalam berinvestasi nih sob kamu harus banyak mempelajari instrumen mana yang bakal kamu pilih dan harus tau sebesar apa resikonya. (Sbg/Ana)

Comments