Salah satu rute dengan pemandangan indah yang dilalui Trans Siberian Railways
(Foto: Facebook.com/Express to Russia)

Sabigaju.com – Mungkin kamu pernah mendengar Trans-Siberian Railways melalui latar belakang buku-buku atau film-film petualangan.

Trans-Siberian Railways merupakan jalur kereta api legendaris yang melintasi seluruh Rusia dari arah barat ke timur, yang dibangun pada kurun  tahun 1891 – 1916 silam.

Rute ini dibangun untuk menghubungkan Rusia dengan Eropa dan pelabuhan-pelabuhan di Pasifik atas perintah Kaisar Rusia Alexander III dan Kaisar Rusia, Nicholas II.

Rute ini adalah salah satu tulang punggung perekonomian Rusia karena rute ini dipergunakan untuk mengangkut ratusan ribu kontainer dari arah Asia ke Rusia dan Eropa dan arah sebaliknya.

Jalur kereta api terpanjang di dunia ini bermula dari Moscow hingga ke kota terdekat dengan perbatasan Cina.

Untuk menyelesaikan perjalanan dengan jalur ini, setidaknya dibutuhkan 6-7 hari perjalanan non-stop dengan melintasi 7 zona waktu dan itu tergantung pada jumlah pemberhentian serta rute perjalanan yang diambil.

Nah, Albatrostrip  mau kasih gambaran seperti apa sensasi perjalanan menyusuri rute Trans-Siberian Railways.

Kehidupan di Dalam Kereta

Pada dasarnya Trans-Siberian Railways bukanlah rute perjalanan yang dirancang khusus untuk wisatawan, tetapi hanya merupakan alat transportasi umum.

Ini artinya  perjalanan ini  hanya bisa dinikmati oleh  kamu  yang memiliki jiwa petualang yang tinggi untuk berkelana lintas benua melalui jalan darat,

Berpetualang dengan Trans-Siberian akan memberikanmu kesempatan untuk menghabiskan hari-hari di kereta untuk bertemu orang-orang baru, mengobrol, makan, bermain game, membaca dan menikmati pemandangan yang berbeda melalui jendela kereta.

Keceriaan penumpang di kereta Trans Siberian Railways
(Foto: Facebook.com/pg/transsiberian)

Kamu juga bisa turun dan merenggangkan kaki di stasiun-stasiun kereta dengan suasana yang berbeda, tempat dimana kereta berhenti selama 5-20 menit.

Selain bisa mengenal penduduk lokal, bahkan bisa saja kamu diundang untuk minum vodka dengan seorang tentara Rusia, berdiskusi tentang politik dengan seorang akademisi Cina atau berbagi sebotol sampanye Rusia dengan seorang pengusaha Mongolia.

Trans Siberian Railways memiliki rute-rute yang menghubungkan jalur kereta api lainnya. Namun demikian, secara garis besarbisa memilih salah satu dari tiga rute utama Trans-Siberian Railways, yaitu:

BACA JUGA: Ragam Souvenir Apik dari Negeri Rusia

Rute Tengah Trans-Siberia (9289 km)

Rute tengah Trans Siberia Railways ini sebenarnya adalah rute awal pembangunan rel kereta yang menghubungkan Eropa dan Asia, dan merupakan jalur kereta api terpanjang di dunia, yaitu 9289 km.

Kalau kamu memilih rute ini, setelah kamu melewati kota Irkutsk, kereta akan terus berjalan melintasi Siberia timur yang menawarkan menawarkan panorama hutan belantara,

Kamu juga akan menyaksikan pemandangan spektakuler pegunungan dan hutan, sungai-sungai alami dan desa-desa Siberia yang sepertinya sudah lama dilupakan oleh para politisi Moskow.

Rute ini berakhir di Vladivostok yang merupakan salah satu kota pelabuhan terpenting Rusia di kawasan Pasifik.

Dari Vladivostok kamu  dapat terbang kembali ke Moskow, Ibukota rusia atau kota-kota lain di Rusia bagian Asia, atau melanjutkan perjalanan darat ke Cina atau Korea.

Pilihan lain kamu bisa  atau  naik perahu ke Jepang. Bahkan bisa terbang ke Amerika untuk melakukan perjalanan keliling dunia.

BACA JUGA: Melongok Stasiun Metro yang Indahnya Bak Istana di Moscow

Rute Utara Trans-Manchurian (9001 km)

Rute Trans-Manchurian merupakan rute yang dibangun pada abad ke 20. Sebagian dari rute ini mengikuti jalur Trans-Siberia.  Namun, di tengah perjalanan kereta akan berpindah jalur ke arah Selatan Rusia,

Perjalanan dilanjutkan dengan melintasi Ibukota Mongolia (Ulan Bator), kota Harbin di Cina bagian utara dan berakhir di kota Beijing, Cina.

Jika kamu memilih rute ini, maka disarankan untuk transit di kota Harbin. yang dikenal dengan sebutan “Oriental Moskow.”

Meski kota ini berlokasi di Cina, namun memiliki nuansa Rusia yang kental dari segi arsitektur dan budaya.

BACA JUGA: Menikmati Kunjungan Virtual ke Museum Kelas Dunia di Rusia 

Jalur Selatan Trans-Mongolian (7865 km)

Rute ini adalah rute paling populer diantara ke tiga rute utama Trans-Siberian Railways. Kamu berkesempatan untuk melihatpemandangan menakjubkan pegunungan Ural yang memisahkan Benua Eropa dan Asia,

Kamu juga bakal merasakan pengalaman unik saaat  melintasi padang rumput di Mongolia yang dihuni oleh domba-domba dan kuda-kuda liar.

Setelah kereta berhenti di Ulan Bator, ibukota Mongolia, kereta melanjutkan perjalanan dengan melintasi Gurun Gobi Timur.

Disini kamu bsa merasakan indahnya persawahan yang subur, sambil menyaksikan latar Tembok Besar Cina yang merupakan salah satu keajaiban dunia.

Setidaknya kamu bakal menghabiskan waktu selama 6 hari untuk menempuh perjalanan ini dari Moskow ke Beijing.

Pastinya melakukan perjalanan rute Trans-Siberian Railways akan memberikan petualangan tidak terlupakan dalam hidupmu. (Sbg/Mhr)

Comments