mendaki gunung kini bnyak digemari orang.
Foto: Unsplash.com)

Sabigaju.coom – Mendaki gunung sampai ke puncak menjadi salah satu cara untuk kita bisa melihat keagungan Tuhan yang amat besar, Indonesia merupakan negara dengan julukan ring of fire yang artinya negara kita dikelilingi oleh banyak gunung api yang aktif maupun yang sudah tidak aktif lagi.

Karena memiliki banyak gunung di hampir setiap pulaunya, kita bisa memilih dengan mudah ingin mendaki gunung yang mana.

Hanya saja, sebagai pemula lebih baik memilih gunung dengan trek pendakian yang mudah agar kita bisa beradaptasi terlebih dahulu dengan kondisi alam dan fisik kita nih sob.

Nah untuk itu, di sini kami bakal memberikan beberapa ulasan dan rekomendasi gunung mana yang cocok buat kamu para pemula yang ingin menjajal trek pendakian sampai ke puncak.

BACA JUGA: Di Nepal Nggak Cuma Naik Gunung, Coba yang Lain Yuk!

1. Gunung Papandayan

Jawa Barat memang dikenal memiliki beberapa gunung yang memesona, salah satu gunung yang direkomendasikan untuk pemula di area Jawa Barat adalah Gunung Papandayan.

Gunung yang terletak di wilayah Garut, Jawa Barat ini memiliki ketinggian 2.265 mdpl sehingga masih aman bagi pemula.  Cuma butuh waktu sekitar 4 sampai 6 jam untuk sampai ke gunung Papandayan.

Selain memiliki trek yang cukup landai, Gunung Papandayang juga cocok bagi pemula karena memiliki banyak sumber mata air di setiap pos peristirahatan, sehingga kamu gak akan kehabisan air jika mendaki gunung itu.

Nggak hanya itu gaes, di gunung ini masih bisa dilewati oleh motor trail para petani atau buat tim evakuasi jika ada pendaki yang sakit atau kelelahan di tengah pendakian, jadi agak aman kan gaes.

2. Gunung Kelud

Jika tadi kita ke Jawa Barat, sekarng kita eksplor gunung buat pemula lainnya di daerah Jawa Timur. Gunung Kelud, yang terletak di Magelang ini juga cukup aman untuk didaki para pemula.

Memiliki ketinggian sekitar 1.371 mdpl, Gunung Kelud cocok buat kamu daki dengan santuy nih sob.

Gak perlu berjam-jam untuk sampai ke puncak gunung ini. Kamu cukup berjalan santai saja dengan trek yang cukup landai bisa mengantarmu sampai ke puncak Gunung Kelud gaes.

BACA JUGA: Situ Gunung, Indahnya Bikin Hati dan Pikiran Fresh 

3. Gunung Mongkrang

Saatnya kita ke Jawa Tengah untuk mendaki gunung yang cocok untuk pemula lainnya, dialah Gunung Mongkrang. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 2.194 mdpl, dengan view puncak yang memukau yaitu Gunung Lawu.

Meski kamu para pemula tidak direkomendasikan untuk mendaki gunung Lawu yang cukup tinggi dan memiliki trek yang sulit, kamu bisa menikmati keindahannya melalui Gunung Mongkrang.

Kamu hanya membutuhkan waktu sekitar 2-3 jam saja, dan tara view keindahan alam khas puncak gunung dengan latar gunung Lawu yang menjulang cukup membuatmu merasa seperti anak gunung sejati nih gaes.

4. Gunung Ungaran

Balik lagi ke Jawa Tengah, tepatnya di Semarang kamu bisa menemukan gunung yang cocok untuk pemula. Gunung Ungaran namanya, gunung ini memiliki ketinggian sekitar 2.050 mdpl gaes, cukup aman buat pendaki pemula.

Tentu saja trek di Gunung Ungaran terbilang cukup mudah dan landai, oleh karenanya gunung ini masuk dalam kriteria gunung yang aman untuk didaki para pemula.

Tapi pemandangannya gak kalah sih sob. Kamu bisa menikmati keindahan awan-awan yang berbaris cantik di puncak Gunung Ungaran ini, jika beruntung kamu juga bisa melihat beberapa gunung lainnya di daerah Jawa Tengah dari spot puncak Gunung Ungaran.

BACA JUGA: Begini Agar Aman Mendaki Gunung Saat Musim Hujan 

5. Gunung Puntang

Berada di Panggalengan, Jawa Barat, Gunung Puntang berdiri di ketinggian 2.222 mdpl. Dengan ketinggian ini membuatnya masuk dalam kriteria gunung yang aman bagi pemula nih gaes.

Treknya sama dengan gunung pemula lainnya, landai dan mudah untuk dilewati. Soal pemandangan jangan ditanya indah banget gaes. Itu dia tadi beberapa rekomendasi gunung cocok didaki buat kamu para pemula.

Inget ya sob, jika mendaki gunung pastikan kondisi fisikmu sedang fit, bawa bekal dan peralatan yang cukup,  jaga sikap dan kebersihan gunung.

Jangan berkata dan berucap sembarangan, jangan melakukan aksi vandalisme di gunung dan yang paling penting jangan buang sampah sembarangan agar kamu bisa mendaki dengan aman dan pulang dengan selamat. (Sbg/Rig)

Comments