luar angkasa
Banyak orang merasa kini menjelajahi luar angkasa sebagai opsi destinasi wisata yang berbeda. Namun, biaya perjalanannya ternyata mahal banget, Sob. (Foto: Unsplash)

Sabigaju.com – Pernahkah kamu memikirkan seperti apa rasanya melakukan perjalanan ke luar angkasa? Perjalanan tersebut merupakan kegiatan yang dipimpin oleh pemerintah dan tidak pernah murah.

Tetapi, biaya melakukan perjalanan ke luar angkasa akhirnya mulai turun karena munculnya SpaceX serta perusahaan ruang angkasa swasta lainnya.

Berikut ini adalah ulasan tentang berapa biaya yang harus kamu keluarkan untuk melakukan perjalanan ke luar bumi tersebut.

Biaya Mengirimkan Satelit

Perjalanan ke luar angkasa berawal dari biaya mengirimkan satelit. Satelit yang digunakan adalah Falcon 9 setinggi 230 kaki. Perusahaan transportasi luar angkasa Amerika Serikat yang bernama Space Exploration Technologies Corporation (SpaceX) mengeluarkan biaya sebesar 50.000 poundsterling untuk meluncurkan orbit satelit komersial.

luar angkasa
Membutuhkan biaya besar untuk mengorbitkan satelit di luar angkasa. (Foto: Unsplash)

Harga tersebut masih merupakan harga awal. Sebab, agen pemerintah biasanya harus membayar lebih untuk daftar panjang layanan tambahan. Sebagai contoh, Angkatan Udara harus membayar SpaceX sebesar USD 96,5 juta untuk meluncurkan satelit GPS pada 2019.

Biaya Terbang ke Stasiun Internasional Space

Sejak NASA melakukan perjalanan ulang angkasa pada tahun 2011, NASA akan mengandalkan pesawat antariksa Soyuz Rusia untuk mendapatkan astronot ke ISS. Rusia sendiri terus meningkatkan harga kursi Soyuz hingga mencapai USD 82 juta pada tahun 2015.

BACA JUGA:

Biaya ke Luar Angkasa

Biaya yang harus kamu keluarkan untuk melakukan perjalanan tersebut rupanya tidak main-main. Namun, ini tergantung dengan di mana kamu akan pergi. Range biaya yang harus kamu keluarkan berkisar antara USD 250.000 hingga puluhan juta dollar.

Pesawat Virgin Galactic dapat membawamu menyeberangi garis Karman 62 mil yang menandai batas antara atmosfer atas dan angkasa luar serta membanderol biaya sekitar USD 250.000. Perusahaan mengatakan sekitar 650 orang telah memiliki tiket untuk menaiki sebuah kendaraan bersayap yang disebut SpaceShipTwo.

Seorang astronot pribadi pertama di dunia yang merupakan seorang insinyur Amerika kaya raya bernama Dennis Tito, dikabarkan membayar USD 20 juta untuk menghabiskan waktu delapan hari di ruang angkasa pada tahun 2001.

Sedangkan Guy Laliberte, pendiri Cirque du Soleil, akan menghabiskan USD 35 juta untuk perjalanan di luar angkasa pada tahun 2009. (Sbg/Van)

Comments