Sabigaju.com – Ada kalanya Anda mengalami momen susah fokus sepanjang hari. Hal tersebut bisa terjadi karena banyak hal seperti mendengarkan komentar teman kerja, perasaan ingin bermalas-malasan, dan masih banyak penyebab lainnya. Tapi, terdistraksi sesungguhnya hal yang wajar apalagi bila Anda sedang dalam kondisi kelelahan. Ketika Anda merasa gampang terdistraksi sepanjang hari secara terus menerus, itu merupakan sinyal kalau Anda tak boleh menganggapnya sepele. Anda bisa mencoba mengatasinya dengan enam kebiasaan di pagi hari yang membuat Anda tetap fokus. Simak selengkapnya ya!

  1. Jalan Kaki

Aktivitas ini tampak sepele, tetapi jalan kaki di pagi hari terbukti bisa membuatmu fokus saat bekerja. Ketika Anda jalan pagi, ide-ide yang masih mentah di kepala bisa Anda bentuk. Jadi, saat Anda sampai di kantor, pikiran sudah fokus dan penuh dengan ide-ide yang sudah matang, Anda pun tidak perlu berpikir tentang apa yang harus kamu kerjakan hari ini.

  1. Merapikan Tempat Kerja

Ambil waktu 5-10 menit untuk merapikan tempat kerjamu. Tempat kerja yang berantakan akan mengingatkan Anda tentang pekerjaan yang belum selesai. Tentu hal itu bisa memicu stress dan mendistraksi pikiran dari pekerjaan utama yang harus segera Anda selesaikan pagi ini. Oleh karena itu, segera rapikan tempat kerja Anda sebelum mulai bekerja.

  1. Temukan kebiasaan yang berulang-ulang

Bagi beberapa orang, fokus pada sesuatu (selain pekerjaan) yang bisa mereka lakukan berulang-ulang akan membantu mereka fokus sepanjang hari. Misalnya, membuat kopi setiap pagi sebelum mulai bekerja. Pikiran Anda berkonsentrasi dalam setiap proses dari awal penghancuran biji kopi hingga penuangan air ke dalam gelas. Pada akhirnya, konsentrasi yang terbentuk selama membuat kopi akan terbawa saat kamu kerja sepanjang hari. Kesimpulannya, temukan kebiasaan berulang yang cocok untuk Anda agar konsentrasi terbentuk.

  1. Mandi dengan air dingin

Minum kopi mungkin akan membuatmu terjaga, tapi pada akhirnya kamu bisa menjadi gelisah. Alternatifnya, mandi menggunakan air dingin selalu bisa membuat Anda benar-benar bangun. Tentunya Anda pernah bangung dengan tubuh yang pegal di sana-sini dan sedikit pening karena kelelahan beraktivitas pada hari sebelumnya. Rasa tidak nyaman tersebut bisa mengganggu fokus Anda, tetapi Anda bisa mengatasinya dengan mandi air dingin. Kebanyakan orang bahkan sepakat bahwa mandi dengan air dingin lebih terasa efeknya dibanding minum kopi. Jadi, ganti kebiasaan mandi air hangat di pagi hari dengan mandi air dingin!

  1. Susun To Do List yang Harus Diselesaikan

Menurut banyak ahli produktivitas, mengerjakan to do list paling berat pada awal waktu kerja akan membantu Anda tetap fokus sepanjang hari. Namun, kadang hal tersebut tidak mempan bagi orang yang gampang bosan. Jadi, tentukan prioritas tugas yang berbeda-beda tiap harinya. Misalkan, hari ini tugas terberat yang harus Anda selesaikan adalah membuat laporan maka besok bisa Anda ganti dengan tugas lain seperti membuat perencanaan. Dengan seperti ini, Anda akan terhindar dari kebosanan rutinitas kerja dan bisa fokus kerja sepanjang hari.

  1. Tulis segala hal yang membuatmu stress dan gelisah

Sebagian orang mungkin berpendapat, menulis segala hal yang membuat stress dan gelisah akan membuat orang tersebut semakin terpuruk. Namun, penelitian di University of Chicago di tahun 2011 mengatakan, siswa yang menuliskan kegelisahan mereka sebelum ujian mendapat nilai lebih baik satu tingkat dibanding yang tidak menuliskan kegelisahan mereka. Menuliskan segala kegelisahan terbukti membantu siswa melepaskaan rasa gelisah mereka dan membebaskan otak untuk lebih fokus dalam ujian. Jadi, ketika Anda sedang stress, cobalah untuk menulis tentang apa saja yang membuatmu stress. Pikiran akan lebih lega dan bisa lebih fokus bekerja sepanjang hari.

Enam kebiasaan yang disarankan tersebut bisa langsung Anda terapkan. Atau Anda punya cara lain untuk membuat pikiran tetap fokus sepanjang hari? Share yuk! (Sbg/Ern)

Comments