Sabigaju.com – Kamu ingin memanfaatkan weekend secara produktif dengan belajar bahasa asing? Jika kamu merasa bahwa belajar lewat lembaga bimbingan terlalu mahal dan menyita waktu, mungkin kamu bisa mencoba cara ini. Akhir-akhir ini, rupanya telah terdapat beberapa situs belajar bahasa asing yang dapat kamu pelajari. Berikut ini adalah beberapa referensi situs untuk meningkatkan kemampuan bahasa asing kamu.

1. Duolingo.com

Duolingo.com merupakan salah satu website terbesar untuk belajar bahasa asing. Duolingo.com menerapkan prinsip belajar menyenangkan dengan permainan. Bahkan, kamu juga bebas memilih metode belajar. Metode belajar yang ditawarkan terdiri dari metode santai (5 menit/hari), biasa (10 menit/hari), serius (15 menit/hari) atau gila (20 menit/hari). Selanjutnya, kamu dapat memilih metode apa yang ingin kamu pelajari. Beberapa bahasa asing yang dapat kamu pelajari adalah Jerman, Perancis, Italia, Belanda dan lain sebagainya. Duolingo juga tersedia dalam aplikasi yang dapat kamu unduh di ponselmu. Dengan demikian, belajar bahasa asing terasa lebih nyaman karena kamu bisa belajar di mana saja dan kapan saja.

2. Memrise.com

Metode utama yang diterapkan oleh Memrise.com adalah mengajak pengguna untuk menghafal kosa katanya. Memrise.com membuat metode penghafalan menjadi lebih mudah. Memrise menggunakan pendekatan berbasis permainan sehingga kamu dapat menghafal kata atau frasa. Pada satu level, kamu akan diminta memahami tiga kata yang terkesan mirip dengan diajukannya berbagai pertanyaan. Jika kamu sudah dapat menjawab semua pertanyaan dengan benar, kamu akan diberi tambahan kosa kata yang baru lagi. Cara ini dapat membuatmu semakin mudah hafal setiap harinya. Bahasa pengantar yang akan digunakan adalah bahasa Inggris sehingga sebaiknya kamu sudah mengerti bahasa Inggris. Memrise.com juga tersedia dalam bentuk aplikasi yang dapat kamu unduh di ponselmu.

3. Busuu.com

Busuu.com memiliki slogan “Speak a language in 10 minutes a day”. Pada laman awal website-nya, kamu dapat memilih berbagai bahasa asing seperti Inggris, Spanyol, Perancis, Jerman, Italia, Portugis, Cina, Jepang, Polandia, Turkish, Arab hingga bahasa asing yang tergolong sulit seperti Rusia. Jika berlangganan Busuu.com secara premium, kamu akan mendapatkan fasilitas grammar units (kamu dapat mempelajari pembuatan kalimat dengan grammar yang lebih sulit), sertifikat official dari McGraw Hill Education, offline mode yang memungkinkanmu untuk mengunduh seluruh materi pelajaran dimana pun dan kapan pun serta conversations yang membuatmu dapat mempraktekan percakapan dengan native speakers. Menurut sebuah riset yang dilakukan oleh University of New York, 22 jam belajar melalui Busuu setara dengan belajar mata kuliah bahasa selama 1 semester. Busuu merupakan pilihan yang bagus untuk kamu yang ingin belajar bahasa melalui eksperimen sosial.

Belajar bahasa asing ternyata bisa juga bukan untuk mengisi waktu luangmu secara produktif pada waktu akhir pekan? Jika kamu serius dan rajin, bukan mustahil kamu bisa menguasai bahasa asing dengan cara belajar dari situs maupun aplikasi di ponsel. Happy trying, Sobat Sabi! (sbg/Vania)

Comments