Kebiasaan mengeluh
Kunci untuk dapat merasakan kegembiraan dalam hidup adalah dengan menghentikan kebiasaan buruk dalam hidup ini salah satu nya adalah menghentikan kebiasaan mengeluh. (Foto: Unsplash)

Sabigaju.com – Kini kita telah melangkah di tahun 2019 Nah, salah satu kebiasaan buruk yang kerap dilakukan banyak orang termasuk para pria adalah kebiasaan mengeluh.

Banyak dari kita punya kebiasaan mengeluh. Mulai dari hal terkecil seperti kemacetan, rekan-rekan kerja yang tidak maksimal dalam bekerja, kesalahan yang dilakukan anggota keluarga, dan lainnya.

Yang mungkin tidak disadari adalah, seorang pengeluh tidak akan menemukan solusi dari masalahnya, membuang sifat suka mengeluh merupakan salah satu kunci sukses, karena kesuksesan akan dicapai apabila seseorang bekerja keras untuk mencapai tujuan, bukan dengan mengeluhkannya.

BACA JUGA: 

Cara Menghilangkan Kebiasaan Mengeluh

Menurut Psikolog Susan Albers, PsyD, mengeluh sebetulnya seperti virus. Tidak ada yang senang berdekatan dengan orang yang gemar mengeluh.

“Penting untuk menjauhkan diri dari orang yang suka mengeluh,” kata Dr. Albers seperti dilansir dari Cleveland Clinic.

Namun, menghentikan kebiasaan mengeluh tidaklah mudah. Banyak dari kita yang lahir dengan bias negatif.

“Banyak dari kita yang cenderung fokus pada hal-hal yang tidak benar dan negatif daripada memperhatikan hal-hal yang benar di sekitar kita,” ujarnya. Bagaimana denganmu, apakah mengeluh sudah menjadi kebiasaanmu?

Nah,ternyata ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi kebiasaan mengeluh tersebut:

1. Melihat Kedepan

Cobalah lihat hal yang kamu keluhkan dengan perspektif luas. Apakah hal tersebut akan berpengaruh terhadap lima menit, lima bulan, atau lima tahun kehidupanmu? Cukuo besarkah hal itu untuk dikeluhkan?

Dengan meyadari hal tersebut kamu bisa menghentikan kebiasaan mengeluh yang selama ini kamu lakukan.

2. Melihat Kedalam Diri

Lihatlah lebih dalam. Apa masalah yang membuat dirimu punya kebiasaan mengeluh? Apakah hal itu tentang isu besar dalam hidupmu?

Kamu bisa meluangkan waktu sekitar lima menit untuk mendalami keluhanmu. Nantinya kamu mungkin akan menyadari apa yang membuatmu kesal dan mengeluh itu sebenarnya tak seberapa.

3. Alihkan

Kamu juga bisa menghilangkan kebiasaan mengeluh lewat  semacam permainan. Kamu bisa menggunakan benda seperti gelang karet.

Setiap kali kamu menyadari dirimu mengeluh, pindahkan gelang tersebut ke sisi lain. “Targetnya adalah 30 hari dengan gelang karet tersebut di tangan yang sama,” kata Psikolog Scott Bea, PsyD.

Dengan usaha lebih, kita bisa mengalihkan perhatian tersebut untuk hal-hal yang lebih baik di sekitar kita. Dan, kita juga nantinya akan merasakan kebahagiaan muncul ke dalam hari-hari kita.

4. Ceritakan kepada Orang yang Kamu Percaya

Untuk menghilangkan kebiasaan mengeluh maka pilihlah saluran yang tepat. Bijaklah dalam memilih siapa orang yang akan kamu bagikan informasi atau keluhan.

Misalnya, teman atau keluarga lewat email atau telepon. Jangan pernah mengeluh di media sosial.

5. Cari Solusi

Pastikan tujuan keluhanmu jelas sehingga kamu bisa mencari solusinya. “Kunci dari berbagi keluhan adalah agar komplain tersebut bermanfaat dan tidak sekedar mengkiritik,” kata Dr. Albers.

6. Lakukan Hal Positif

Temukan sisi positif dari keluhanmu. Jika kamu mulai mengeluh, akhiri dengan hal yang positif. Sebab jika tidak, orang-orang akan melupakan pesan dari keluhanmu sepenuhnya.

7. Bersyukur

Cara lain untuk menghilangkan kebiasaan mengeluh adalah dengan  sering  bersyukur. Ingatlah setiap hari tentang hal-hal yang membuatmu bersyukur, tak peduli sekecil apapun itu.

“Jika hal negatif sudah menjadi kebiasaan, menjaga diri untuk terus bersyukur bisa mulai mengubahmu menjadi pribadi yang lebih baik dan positif,” kata Dr. Bea. (Sbg/Rig)

 

Comments