Banyak negara yang kini tengah memasuki masa resesi.
(Foto: Freepik.com)

Sabigaju.com – Pandemi Covid-19 membuat sejumlah negara maju seperti Jerman, Perancis, Amerika Serikat (AS), Italia, Mesksiko, Jepang, Kora Selatan, Hongkong, Singapura hingga Philipina masuk ke masa resesi ekonomi.

Suatu negara mengalami masa resesi, jika pertumbuhan ekonomi minus dalam dua kuartal atau bahkan bertahun-tahun secara berturut-turun secara signifikan selama berbulan-bulan

Nah, masa resesi sendiri pernah menjadi tema dari film hollywod, tepatnya beberapa film gangster dan mafia. Apa hubungannya Mafia dan resesi?  Yuk simak ulasannya berikut ini.

BACA JUGA: Jika Masa Resesi Tiba, Kita Mesti Ubah Cara Hidup

Depresi dan Lahirnya Organisasi Kejahatan

Jika kita berbicara tentak sosok mafia, maka nama Alphonse Gabriel Capone alias Al Capone pasti sudah tidak asing di telinga banyak orang – apalagi bagi mereka penggemar film mafia AS.

Salah satu  film tentang sosok Al Capone  berlatar belakang masa resesi berjudul The Untouchables,.

Film ini  keren dan menegangkan ketika ditonton. Dan jika kamu perhatikan lebih detail adalatar belakang sosial, ekonomi, dan politik di mana , Amerika Serikat kala itu tengah menghadapi masa resesi ekonomi terbesar dalam sejarah, yakni Great Depression.

Situasi yang cukup mencekam – ditambah kebijakan tertentu dari pemerintah AS – kala itu menciptakan situasi yang memungkinkan bagi kemunculan organisasi kejahatan seperti mafia. Dan tingkat kriminalitas pun tercatat sangat tinggi.

Ketika Depresi Besar membayangi kondisi ekonomi di AS, situasi sosial turut terdampak. Pengangguran yang meningkat kala itu diikuti dengan peningkatan aktivitas kriminal dan menjadi momentum lahirnya berbagai kelompok kejahatan yang terorganisir.

BACA JUGA: Gaes, Menabung dan Berhematlah di Fase New Normal!

Aturan Pemerintah Dilanggar

Nah di masa resesi besar itu pemerintah AS memberlakukan aturan larangan peredaran minuman keras atau dikenal dengan nama masa Prohibition Era  yang berlangsung pada tahun 1920 sampai 1933

Nah, lewat organisasi kejahatan yang dipimpinya Al Capone berbagi wilayah kekuasaan dengan mafia-mafia lainnya mendistribusikan minuman keras secara ilegal dan menguasai hampir seluruh kota Chicago.

Latar Belakang Resesi di Amerika Serikat dalam Film The Untouchables
(Foto: IMDB)

Pemerintah AS berkali-kali gagal gagal memenjarakan Capone atas berbagai sangkaan tindak kriminal yang dilakukannya, karena kurangnya bukti dan saksi.

Dengan sesumbar Alcapone berkata “Mereka tidak bisa memungut pajak yang legal dari bisnis yang ilegal,” kata Al’ Capone di tahun 1931,

Kesombongan itu runtuh manakala seorang investigator pajak bernama Eliot Ness berjibaku mati-matian mengumpulkan berbagai bukti kejahatan Al Capone.

BACA JUGA: John Kei, Aksi Premanisme atau Peaky Blinders Ala Indonesia? 

Al Capone, akhirnya dijatuhi hukuman 11 tahun penjara pada 17 Oktober 1931.Dia ditahan dalam penjara dengan pengawasan ketat di Pulau Alcatraz. Namun, akhirnya keluar pada 1939 karena dinilai berperilaku baik.

Pengalaman lahir dan berjayaamya mafia di masa resesi di AS dalam film The Untoucables adalah pelajaran beharga. Semoga  hal itu tidak  terjadi di Indonesia.

Sebagai catatan masa resesi Great Deppresion di AS berakhir karena tiga hal: kebijakan ekonomi New Deal yang dikeluarkan Presiden Roosevelt.

Yang kedua berakhirnya kekeringan panjang yang menyebabkan bencana alam bernama Dust Bowl. Dan terakhir lantaran terjadinya peningkatan pengeluaran saat masa resesi untuk Perang Dunia II. (Sbg/Rig)

Comments