Belanja Baju Lebaran
(Foto: Freepik,com)

Sabigaju.com – Banyak anggota masyarakat yang beranggapan membeli baju Lebaran menjadi salah satu hal yang wajib dilakukan. Tidak sah rasanya jika merayakan Lebaran tanpa mengenakan baju baru. Hal tersebut dianggap sebagai penghargaan atas berpuasa satu bulan penuh.

Namun banyak juga yang berpendapat bahwa sayang sekali menghabiskan uang setiap tahun untuk membeli baju baru karena baju lebaran jarang terpakai di hari-hari biasa.

Satu hal yang pasti,  tidak ada satupun peraturan dalam agama Islam yang mewajibkan kamu memakai baju baru,

Lantas perlu nggak sih Kita membeli baju baju saat berlebaran di Tengah Pandemi Ini?

BACA JUGA: Baju Baru atau Baju Bekas, yang Penting Hatimu Baru

1. Ikut-Ikutan

Jelang lebaran biasanya suasana berbelanja di sekitar bisa memicumu untuk untuk membeli ikut-ikutan berbelanja

Satu hal yang harus kamu sadari sebagian besar benda yang kamu beli menjelang lebaran adalah benda yang sebenarnya tidak diperlukan.

Baju lebaran yang kamu beli tahun lalu masih sangat layak dan bias dikenakan kembali untuk untuk lebaran tahun ini, karena kamu memang hanya memakainya sekali. pun demikian dengan sepatu ataupun atribut fesyen cowok lainnya.

2. Banyak Kebutuhan yang Lebih Mendesak

Usai lebaran nanti, Anak atau adikmu akan segera masuk lanjut ke Tahun Ajarann baru, kelas yang barua atausegera masuk ke universitas dan butuh banyak biaya. Anda perlu menyiapkan dana untuk membeli buku pelajaran baru, sepatu atau mungkin seragam baru.

Belum lagi kalau kebijakan belajar dari rumah berlanjut. Pastinya butuh layanan internet yang harus di bayar. Ingat Hal-hal yang berkaitan dengan pendidikan itu lebih penting dari sekedar baju lebaran.

Pikirkan juga soal kesehatan, bagaimana jika kamu jatuh sakit dan butuh biaya. Ini adalah masa pandemi! Uang THR lebih bermanfaat digunakan untuk dana pendidikan dan kesehatan, bukan dihabis-habiskan untuk baju lebaran atau hal tak penting lainnya.

BACA JUGA: Lindungilah Kami dari Godaan Nafsu Berbelanja di Bulan Puasa

3. Tabungan Masa Depan Jauh Lebih Penting

Masa pandemi adalah masa sulit bagi perekonomian dan PHK bisa terjadi kapan saja sementara kesempatan mendapat pekerjaan dengan pendapatan mencukupi semakin sulit.

Menabunglah dan perkuat dana darurat.Hal-hal tersebut sangat vital . Jangan sampai selebrasi lebaran membuatmu gelap mata dan menghabiskan seluruh tabungan. berbelanjalah seperlunya untuk lebaran dan persiapkan untuk sesuatu yang lebih krusial.

Idul Fitri tanpa Belanja adalah Idul Fitri yang Sah
Inti dari perayaan Idul Fitri adalah merayakan diri kita yang berhasil menjauhi perbuatan buruk, menahan diri dan emosi ketika bulan puasa.

BACA JUGA: Stop Menghabiskan Banyak Uang Hanya untuk Bikin Orang Terkesan! 

Bantu Sesama Lebih Baik Ketimbang Berbelanja

Ketimbang membeli benda -benda baru ataupun baju baju ebaran, uangmu akan lebih bermanfaat jika disumbangkan kepada orang yang membutuhkan dan ditimpa kesusahan di masa pandemi ini.

Kurang tepat jika kita merayakan Lebaran secara berlebihan, sementara saudara kita menderita. Merayakan Idul Fitri  tanpa  baju lebaran yang baruadalah sah.. Jangan sampai tabiat dan prilaku konsumtif berlebihan melunturkan hal-hal penting dalam perayaan Idul Fitri. (Sbg/Rig)

Comments