Sabigaju.com – Bos besar Facebook, Mark Zuckerberg sedang jadi sorotan dunia beberapa waktu belakangan ini. Pasalnya, ia diduga terlibat skandal kebocoran data puluhan juta data pribadi para pengguna media sosial ciptaannya tersebut. Untuk itu ia pun menjadi saksi dalam kongres gabungan Komite Senat Kehakiman dan Perdagangan AS pada Selasa (10/4) waktu Washington DC.

Sidang yang berlangsung selama 5 jam tersebut menjadi kali pertama Mark Zuckerberg hadir dan memberi kesaksian secara langsung. Menurut Time, sebelumnya ia hanya mengirim perwakilan. Sepanjang sidang, Mark dicecar dengan berbagai pertanyaan. Tak ayal raut ketegangan pun tampak di wajahnya. Namun, rupanya perihal serius seperti itu tak melulu ditanggapi dengan serius oleh netizen.

Penggalan momen-momen dalam sidang Mark Zuckerberg bersama para senator pun mulai bermunculan di linimasa sebagai bahan humor.

Netizen menginterpretasikan ekspresi tegang Mark dengan kalimat-kalimat lucu seperti di bawah ini:

Ada yang menggambarkan ekspresi Mark ketika menghadapi konsekuensi dari kebocoran data pengguna Facebook.

(Foto: Twitter amberdiscko)

Ada yang mengekspresikan saat nge-poke gebetan tapi nggak dibalas.

(Foto: Twitter MEPFuller)

Ada yang nanya gimana caranya biar tahu kalau cucunya nge-block dia.

 

(Foto: Twitter jaboukie)

Ada yang protes friend requestnya nggak di-accept sama cucu.

(Foto: Twitter davidmackau)

Ada yang kesal friend requestnya nggak di-accept-accept.

(Foto: Twitter FullFrontalSamB)

Ada yang minta tolong ngilangin request Candy Crush di Facebooknya.

(Foto: Twitter KofieYeboah)

BACA JUGA: Alamak! Cambridge Analytica Curi Data 1 Juta Pengguna Facebook Indonesia

Pengakuan Mark Zuckerberg

Seperti yang diketahui, data pengguna Facebook yang bocor itu dipergunakan tanpa izin oleh perusahaan analisis Cambridge Analytica. Tak tanggung-tanggung, data yang diambil berasal dari 87 juta pengguna Facebook! Dugaan sementara penggunaan data tersebut berkaitan dengan kepentingan pemilu Amerika Serikat yang akan datang.

Benar atau tidaknya dugaan tersebut belum bisa dipastikan, namun yang jelas dalam kesaksiannya Mark meminta maaf dan mengakui bahwa kebocoran data ini adalah tanggung jawabnya. Ia juga berjanji untuk memperbaiki sistem akses data pengguna Facebook agar kesalahan serupa tidak terulang lagi nantinya.

Kasus kebocoran data ini sempat membuat saham Facebook anjlok, namun berkat kehadiran sang empunya dalam sidang bersama para senator beberapa hari lalu, saham tersebut kembali melonjak hingga 4,5%. Kenaikan saham tersebut terjadi karena para investor menganggap Mark Zuckerberg mampu menghadapi masalah dan merespon baik saat menjalani sidang. (sbg/Fitri)

Comments