Aksi Pencurian marak terjadi saat Masa Pandemi
(Foto: Freepik.com)

Sabigaju.com – Banyak masyarakat yang mengeluhkan maraknya Tindak kejahatan pencurian dan perampokan di beberapa tempat di Tanah Air dalam masa pandemi Covid-19 ini.

Naiknya tingkat kriminalitas salah satunya disebabkan banyak orang terdampak secara ekonomi di tengah pandemi. Mereka akhirnya memilih jalan pintas melakukan aksi kriminal seperti pencurian ataupun perampokan.

Meski Kita menghabiskan lebih banyak waktu di rumah, tetapi itu tidak berarti rumah kita sepenuhnya bebas dari ancaman pencurian.

Sebab para pelaku krimina pencurian ataupun perampokan l bisa dengan lihai memanfaatkan situasi pembatasan sosial yang membuat lingkungan sepi untuk melakukan aksinya.

Nah ada beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk menjaga keamanan rumah untuk meminimalisir terjadinya pencurian Berikut Ulasannya

BACA JUGA: Aksi Penjambretan Marak, Lakukan Ini Biar Nggak Jadi Korban!

1. Perkuat Pintu Depan

Menurut Izzy Schulman, direktur layanan kunci pengaman Keys4U, 74% pencuri menerobos masuk melalui pintu depan. Lantaran itulah kamu harus memprioritakan keamanan rumah dengan memperhatikan kunci pintu utama rumah mu Anda sesuai dengan standar.

Kamu bisa menambah lapisan keamanan tambahan untuk mencegah seseorang mencoba memaksa masuk. Pertimbangkan untuk memasang bar London di depan pintumu Bilah baja bar London memberikan ketahanan yang lebih kuat jika seseorang mencoba menendang pintumu.

2. Menjaga Jendela

Jendela adalah titik masuk  yang digunakan para pelaku penurian untuk melakukan aksinya.

So, pastikan untuk menjaga semua jendela terkunci ketika Anda tidak berada di ruangan untuk berjaga-jaga. Untuk perlindungan tambahan, memasang teralis atau pembatas jendela dapat menghentikan pencuri mendapatkan akses.

Kamu juga bisa Melapisi jendela yang rentan dengan film anti pecah menambah lapisan pelindung ekstra. Mereka mudah dipasang pada panel kaca dengan lapisan perekat dan menahan kaca di tempatnya jika pecah, mencegah pencuri keluar.

BACA JUGA: PSBB di Jakarta Diperpanjang, Bulan Juni Jadi Masa Transisi 

3. Pasang Sistem Keamanan Rumah

Pertimbangkan untuk menginstal CCTV. untuk mencegah orang melakukan aksi  pencurian

Disarankan untuk menempatkan kamera CCTV ke barang berharga seperti mobil, atau untuk menangkap titik lemah di sekitar rumah. Lensa yang lebih besar memiliki zoom yang lebih panjang tetapi tidak seluas, jadi pertimbangkan bentuk taman atau jalan masuk Anda.

Saat ini ada begitu banyak alternatif ekonomis untuk sistem keamanan CCTV dan lebih mudah untuk dipasang.

BACA JUGA: Hindari Sederet Kesalahan Ini di Fase Awal New Normal 

4. Mengawasi kebun dan Pekarangan

Kamu juga perlu mengawasi aea kebun dan pekarangan di rumah. Para pelaku aksi pencurian bertujuan untuk masuk dan keluar darirumah secepat mungkin, tanpa tertangkap.

Mereka sering megawasi rumah selama beberapa hari untuk menemukan titik masuk termudah dan melacak pola perilaku pemilik rumah.

Nah, kebun yang terlalu besar memberikan mereka tempat yang sempurna untuk bersembunyi tanpa terdeteksi

Schulman menyarankan agar kamu mengurang pepohonan yang tumbuh terlalu tinggi dan merapikan semak-semak.

Jika pekarangan rumahmu cukup luas dianjurkan juga untuk menambahkan pencahayaan sensor gerak di kebun untuk menakuti pelaku aksi pencurian yang bertindak di bawah naungan kegelapan. Selain itu jangan lupa untuk mengunci pagar. (Sbg/Rig)

Comments